(STIBA.ac.id) Majene –  Departemen Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) DEMA STIBA Makassar  menyelenggarakan Pelatihan Penyelenggaraan Jenazah. Dalam acara yang berlangsung daring ini, panitia menghadirkan Ustaz Ir. Muhammad Musri sebagai narasumber.

Tidak kurang dari 80 peserta yang terdiri dari mahasiswa STIBA Makassar menghadiri acara yang digelar pada Sabtu (06/03/21) tersebut.

Dalam sambutannya, Ustaz Muhammad Ridwan S.Pd selaku pembina DEMA STIBA Makassar menjelaskan pentingnya diadakan pelatihan ini bagi pengemban dakwah.

“Setelah kita mengetahui tata cara penyelenggaraan jenazah, kitalah yang harus tampil dalam setiap ada peluang (dakwah), karena di tengah-tengah masyarakat kita masih banyak hal yang tidak sesuai sunah dalam penyelenggaraan jenazah,” kata Ustaz Ridwan.

Ustaz Muhammad Musri dalam pemamparan materinya terlebih dahulu menjelaskan hukum menyelenggaakan jenazah, yaitu fardu kifayah.

“Apabila terjadi kematian di suatu tempat, maka wajib bagi orang Islam untuk mengurus jenazah tersebut. Jika tidak ada yang dapat mengurusnya maka seluruh masyarakat di tempat itu berdosa,” jelasnya.

Ustaz Muhammad Musri yang juga merupakan Ketua Departemen Sosial DPP Wahdah Islamiyah itupun kemudian menjelaskan panjang lebar tentang kewajiban muslim terhadap jenazah yaitu memandikan, mengafani, menyalatkan dan menguburkan jenazahnya.

Kegiatan ini diakhiri dengan tanya jawab bersama para peserta mengenai permasalahan-permasalahan yang sering dijumpai dalam penyelenggaraan jenazah.

Reporter: Dandi Saputra

Loading

Tinggalkan Balasan