(STIBA.ac.id) Makassar –  Kendati KKN STIBA Makassar tahun ini digelar secara daring karena pandemi Covid-19, STIBA tetap mengutus sebanyak 34 orang mahasiswa ke lokasi bencana Majene dan Mamuju. Langkah tersebut diambil mengingat kebutuhan dai di lokasi bencana yang sangat mendesak.

Di Majene, sebanyak 24 mahasiswa disebar ke beberapa desa seperti Desa Salutahongan, Desa Lombang, Desa Lombang Timur, dan Desa Bambangan Kecamatan Malunda Kabupaten Majene. Dua desa di Kecamatan Ulumanda juga mendapat jatah mahasiswa yaitu Desa Kabiraan dan Desa Tandeallo. Sementara selebihnya mengisi pos-pos di Kabupaten Mamuju.

Di samping 24 mahasiswa, tim KKN Kemanusiaan ini juga  menyertakan 10 orang mahasiswi. Sebanyak lima orang difokuskan membina di Desa Lombang dan lima lainnya secara bergiliran ditugaskan untuk mobile ke beberapa tempat.

Tim KKN Kemanusiaan ini adalah program KKN khusus. Dilaksanakan sebagai bentuk tindak lanjut dari program kemanusian yang sebelumnya telah dilaksanakan oleh Tim Mapala STIBA bekerja sama dengan Wahdah Islamiyah sebagai ormas yang menaungi institusi STIBA Makassar.

Penempatan ke-34 mahasiswa ini diharapkan bisa memberikan sumbangsi terbaik, melakukan pembinaan selama masa tugas. Tim KKN ini sudah berada di lokasi tugas tiga hari sebelum dilepas resmi oleh pemerintah daerah setempat di Kantor Camat Malunda, Senin (01/03/2021). Tujuan keberangkatan tim lebih awal adalah untuk mulai mengenal lokasi tugas dan melakukan pendekatan awal kepada masyarakat.

Dosen Pembimbing Lapangan KKN Kemanusian STIBA Makassar Ustaz Syandri Syaban, Lc., M.A. menyampaikan bahwa dalam sejarah STIBA, ini adalah KKN pertama yang diberi nama KKN Kemanusian. “Meskipun sebelumnya pada bencana Palu Sulawesi Tengah, sebagian mahasiswa juga dilibatkan sebagai relawan pembinaan dan trauma healing. Tapi untuk tema ini adalah kali pertama diberi nama dengan KKN Kemanusiaan,” ujar Ustaz Syandri.

Bupati Mamuju, Camat Malunda dan Camat Ulumanda menyambut baik tim KKN yang akan bertugas selama sebulan penuh di beberapa titik di posko pengungsian dan desa tersebut.

Loading

Tinggalkan Balasan