(STIBA.ac.id) Majene – Sekolah Tinggi Ilmu Islam dan Bahasa Arab (STIBA) Makassar mengutus sepuluh mahasisiwinya untuk melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kemanusiaan di Sulawesi Barat, tepatnya di Kecamatan Malunda Kabupaten Majene. Tim KKN Kemanusiaan diutus untuk membantu relawan yang sudah berada di daerah terdampak gempa sejak bulan Januari lalu. Di samping itu, juga sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat.

Dari sepuluh mahasiswi yang diutus ke Sulawesi Barat, ada lima mahasiswi yang ditempatkan di Desa Lombang Kecamatan Malunda.

Masyarakat di desa ini, turut terdampak gempa dahsyat yang menghancurkan beberapa bangunan di Sulbar Januari lalu. Warga dusun ini terpaksa harus mengungsi ke perbukitan karena khawatir adanya gempa susulan. Sementara keadaan rumah yang rusak parah akibat gempa juga tidak layak huni. 

Tercatat lebih dari 30 keluarga mengungsi dan yang lainnya tetap berada di rumah karena keadaan rumah yang masih memungkinkan untuk tempat tinggal.

Pada tanggal 8 Maret 2021, Tim KKN Kemanusiaan STIBA Makassar mengadakan bakti sosial di Dusun Takapa. Tim KKN Kemanusiaan STIBA Makassar bergotong royong membantu masyarakat berbenah dari tempat pengungsian ke rumah masing-masing. Meskipun rumah masyarakat terbilang belum layak huni dan rasa trauma masih belum hilang, namun masyarakat bersepakat untuk mulai berbenah setelah sebulan lebih tinggal di tempat pengungsian.

Loading

Tinggalkan Balasan