(STIBA.ac.id) Makassar –  Hidup di era yang menuntut seseorang untuk terbuka dengan segala bidang ilmu menjadi kewajiban yang harus ditempuh. Canggihnya teknologi dapat diakumulasi dengan penerapan keterampilan dan kreativitas dalam berdakwah. Untuk mewadahi hal tersebut, Mahasiswa KKN Angkatan IV STIBA Makassar wilayah Kota Makassar bekerja sama dengan Tim Infokom DEMA STIBA Makassar mengadakan Pelatihan Multimedia.

Tema yang diusung pada Pelatihan Multimedia ini adalah “Pelatihan Desain Menggunakan Aplikasi Inkscape”. Harapannya dengan tema ini, peserta pelatihan dapat meningkatkan keterampilannya dalam dunia desain khususnya dengan aplikasi Inkscape, sehingga kaum muslimin yang berdakwah tidak hanya pada mimbar-mimbar tapi juga di media sosial atau media cetak.

“Dikatakan, bahwa siapa yang memegang kendali teknologi informasi ini, maka dialah yang bisa memegang dunia. Oleh karena itu, kami dari tim KKN IV memandang perlu diadakannya pelatihan ini, dengan harapan agar kita bisa mengembangkan skill dakwah, khususnya dalam dunia desain,” kata Muhammad bin Yusran, salah seorang mahasiswa KKN STIBA ketika memberi sambutan dalam kegiatan yang berlangsung daring via Zoom, (21/03/2021).

Menurut Ketua Infokom DEMA Mahyudin bahwa peserta sangat antusias dalam menerima materi, “Alhamdulillah, jika dilihat dari jumlah cukup memuaskan apalagi beberapa peserta sangat antusias dalam mempraktikkan materi yang dibawakan narasumber,” ujar Mahyudin.

Materi Pelatihan Multimedia ini disampaikan oleh Fitra Abadi, S.H. yang merupakan Pembina Tim Media STIBA Makassar dengan menggunakan aplikasi Inkscape. Dalam materi diperkenalkan seputar aplikasi Inkscape, ikon dan penggunaannya masing-masing. Dilanjutkan dengan latihan praktik membuat poster dakwah dan pamflet kegiatan.

Aplikasi Inkscape dipilih sebagai media pelatihan kali ini karena merupakan aplikasi open source yang gratis digunakan. Meski tidak dipungkiri pada penggunaannya ada beberapa kekurangan.

Laporan: Bani Adam

Loading

Tinggalkan Balasan