(STIBA.ac.id) Makassar –  P3B STIBA Makassar menginisiasi kegiatan Pelatihan Penerjemah Arab-Indonesia. Kegiatan yang sebelumnya dilaksanakan secara luring, kini dilaksanakan daring via video conference.

Kegiatan yang berlangsung Sabtu (13/03/2021) ini dihadiri sekitar 50 peserta dari kalangan mahasiswa, dosen STIBA dan masyarakat mum. Hadir selaku narasumber, Ustaz Dr. Muhammad Ihsan Zainuddin, dosen STIBA Makassar yang dikenal cukup produktiv menulis dan menerjemahkan buku.

Ustaz Ihsan Zainuddin memaparkan prinsip-prinsip dasar dalam menerjemahkan. Niat yang ikhlas menjadi prinsip pertama di samping penguasaan terhadap bahasa asal dan bahasa yang akan diterjemahkan. Selain itu, Ustaz Ihsan juga menjelaskan urgensi menguasai ilmu penerjemahan, yaitu sebagai wasilah untuk menguasai dan menaklukkan sebuah negara.

Seorang penerjemah harus memiliki kesabaran dan keuletan. Kesabaran karena seorang penerjemah banyak bermain di belakang layar, dan keuletan karena ilmu penerjemahan perlu terus diasah dan dipelajari demi pengembangan diri seorang penerjemah.

Kepala P3B STIBA Makassar, Sirajuddin Qasim, Lc., M.A. dalam sambutannya mengungkapkan bahwasannya P3B telah mencanangkan kegiatan strategis yang bertujuan untuk meningkatkan kapasitas mahasiswa dan stakeholder STIBA Makassar dari sisi penguasaan bahasa Arab. Salah satu kegiatan tersebut adalah pelatihan penerjemah bahasa Arab ini.

Reporter: Ihsan Dahri

Loading

Tinggalkan Balasan