(STIBA.ac.id) Makassar –  Kegiatan Pelatihan Kepenulisan dan Desain Grafis bertema “Meningkatkan Intelektualitas Pengurus dalam Bidang Jurnalistik dilaksanakan pada hari Senin, 29 Syakban 1442 H/12 April 2021 M. Kegiatan yang berlangsung melalui ruang zoom ini menghadirkan dua pemateri dengan dua pembahasan yang berbeda.

Pemateri pertama adalah Ustazah Ajrul Husnah Anwar yang membawakan materi kepenulisan. Dalam materinya ia menyampaikan bahwa literasi Islam dapat kembali berjaya jika kita melatih kemampuan dan keterampilan dalam membaca dan menulis. Hal tersebut penting agar bisa menghasilkan sebuah karya yang bermanfaat bagi kepentingan agama dan umat.

“Umat Islam sejak awal dikenal dengan julukan umat Iqro’, di mana Islam menggunakan media tulisan untuk menarik perhatian para pemimpin, atau musuh-musuhnya untuk bergabung dengan Islam. Oleh karena itu, perlu menanamkan pemahaman dalam diri bahwa membaca dan menulis sangat penting, selain karena perintah langsung dari Allah subhanahu wa ta’ala dan Rasul-Nya, juga karena membaca dan menulis bisa menolong suatu bangsa dari kebodohan,” jelas Ustazah Ajrul.

Ia menambahkan bahwa umat Islam tidak akan jaya sampai mereka mengambil jalan orang-orang saleh terdahulu dalam membangun peradaban Islam dengan banyak membaca dan menulis.

Ustazah Ria Mardiah yang menjadi narasumber kedua membawakan materi Desain Grafis.

Kegiatan ini dihadiri oleh para pengurus UKM Jurnalistik Putri STIBA Makassar yang berjumlah 30 orang. Kegiatan dibuka dengan sambutan dari Ustazah Munawara selaku Wakabag. Kemahasiswaan, kemudian sambutan dari Ketua UKM Jurnalistik Putri STIBA Makassar.

Menurut ketua panitia pelaksana, kegiatan ini dilaksanakan sebagai sarana untuk mengasah kemampuan dan kreativitas pengurus dalam bidang kepenulisan dan desain grafis.

Para Pemateri menjelaskan tentang cara membangun PSDM (Pengembangan Sumber Daya Manusia) dalam bidang kepenulisan dan desain grafis, serta cara agar para pengurus bisa menghasilkan karya tulis dan desain grafis yang berkualitas dan layak dipublikasikan.

Mereka juga memberikan tips-tips dan langkah-langkah dalam pembuatan buku, naskah dan esai, mendesain layout majalah dan poster serta cara menggunakan aplikasi Pixellab.

Laporan Tim Humas Putri

Loading

Tinggalkan Balasan