(STIBA.ac.id) Makassar –  Kepala Bagian Keputrian STIBA Makassar Armida, Lc. membuka Seminar Al-Qur’an dan Bahasa Arab. Seminar ini merupakan rangkaian dari  Muslimah Event IV.  

Ustazah Armida menyebutkan alasan mengapa kegiatan ini selalu diadakan. Menurutnya, Al-Quran adalah pedoman hidup yang tidak boleh diabaikan.

“Untuk memahami Al-Quran maka diperlukan alat atau media yang bisa membantu, di antaranya adalah belajar bahasa Arab. Allah menurunkan kitab-Nya tersebut dengan berbahasa Arab,” tuturnya di hadapan peserta seminar yang mengusung tema “Meneguhkan Ekspansi Islam di Era Digital dengan Kekuatan Al- Qur’an dan Bahasa Arab (تعزيز الفتوحات الاسلامية في العصر الرقمي بحيوية القران والعربية) tersebut.

Penyelenggara menghadirkan dua narasumber yaitu Sartini Lambajo, Lc., S.H., M.H. dan Harsyah Muhammad Tahir, Lc.

Dari Riyadh, Saudi Arabia, Ustazah Harsyah menyampaikan kepada para muslimah bahwa Al-Quran merupakan sesuatu yang mudah. Mudah dihafalkan, mudah dipahami, tapi juga mudah untuk ditinggalkan.

“Berbahagialah mereka yang dipilih oleh Allah untuk menjaga dan memperjuangkan Al-Quran. Begitu banyak orang yang rajin membacanya dan paham dengan maknanya namun sangat sulit mengamalkannya,” ujarnya, Ahad (05/12/2021).

Lebih lanjut, Ustazah Harsyah menguraikan bahwa Al-Quran memiliki pengaruh yang besar dalam pembentukan akhlak, seperti Rasulullah shalallahu alaihi wasallam yang memiliki akhlak Qur’ani,” tutur alumni al-Azhar tersebut.

Kegiatan Muslimah Event IV ini diadakan oleh Keputrian DEMA dan UKM Raudhatul Huffaazh Putri STIBA Makassar. Di samping untuk menumbuhkan kecintaan terhadap Al-Qur’an dan bahasa Arab, kegiatan ini pula bertujuan untuk membentuk kelompok-kelompok tahsin al-qira’ah (perbaikan bacaan Al-Qur’an), tahfiz, dan pelajaran bahasa Arab.

Acara ini merupakan media silaturahmi dan sosialisasi Kampus Putri STIBA Makassar. Di samping sebagai sarana untuk menambah wawasan dan mempererat ukhuwah islamiyah serta mengajak para peserta untuk dekat dengan Al-Qur’an di masa pandemi seperti saat sekarang ini. (Tim Humas Putri)

Loading

Tinggalkan Balasan