(STIBA.ac.id) Makassar –  Menjadi relawan kemanusiaan tidak lantas menjadikan kegiatan yang bersifat indoor dikesampingkan. Sebab selain fisik dan mental dikembangkan, potensi dan percaya diri juga harus senantiasa terus di-upgrade. Itulah tujuan dan harapan dari seminar yang pertama kali dilaksanakan Mapala STIBA Makassar.

Hal ini diutarakan oleh Ketua UKM Mapala Abd. Usama saat memberi sambutan dalam Seminar Hasil Diklatsar Anggota Muda Mapala Angkatan V, Jumat malam (09/12/2021).  

“Bukan hanya kekuatan fisik yang harus kita tingkatkan, tetapi pengetahuan dan keterampilan juga mesti dikembangkan pada diri kita sebagai dai yang akan diutus ke daerah,” ujar Abd Usama dalam sambutannya.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Pembina Mapala Ustaz Syandri, Lc., M.Ag. Menurutnya kekuatan ruhiyah penting untuk mendampingi kekuatan fisik yang dimiliki seluruh personil Mapala.

“Ingat! Fisik yang kuat tidak cukup untuk membuat kita bisa bertahan dalam sebuah pertarungan dan perjuangan. Kalau hanya persoalan fisik maka banyak yang lebih kuat fisiknya dari kita. Salah satu yang penting untuk kita latih adalah ruhiyah kita,” paparnya di Gedung Muadz bin Jabal kampus STIBA Makassar.

Ustaz Syandri menambahkan bahwa Mapala selain untuk membangun fisik, seharusnya kegiatan-kegiatannya dapat meningkatkan kualitas ruhiyah ibadah para anggota, karena fisik tanpa ruh tidak dapat memberikan banyak manfaat,” tegasnya di hadapan para peserta kegiatan yang mengusung tema تطوير المهارات والثقة بالنفس  (Kembangkan Potensi, Tingkatkan Kepercayaan Diri) tersebut.

Seminar ini menghadirkan ketua Mapala STIBA periode sebelumnya, Miqdar Arrayyan, serta empat demisioner yang telah mencapai derajat Anggota Istimewa yaitu Azwar, Muhammad Arzal, Jasmin, Azhar, dan Ibrahim Naufal.

Mereka bertindak sebagai penguji yang menilai public speaking, kekompakan, kerapian, penguasaan materi dan kualitas penulisan dengan format yang telah ditetapkan. Dengan mempresentasikan makalah dan power point yang telah disusun, tiap regu diberi tugas materi berupa zoologi dan botani, mounteneering, PPGD, search and rescue, navigasi darat dan survival.

Laporan: Muh. Akbar – TIM Media Mapala

Loading

Tinggalkan Balasan