(STIBA.ac.id) Gowa –  Sejumlah tokoh masyarakat Desa Sicini Kecamatan Parigi Kabupaten Gowa berkumpul di kantor desa. Kehadiran mereka dalam rangka mendengarkan pemaparan program kerja mahasiswa KKN V STIBA Makassar yang digelar hari itu, Selasa (8/3/2022).

Tampak hadir Koordinator Wilayah Badan Permusyawaratan Desa Kecamatan Parigi, Kepala Desa Sicini yang diwakili oleh Sekretaris Desa Sicini, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, para kepala sekolah, tokoh pendidik, ketua RT/RW, pengurus PKK dan ketua majelis taklim ibu-ibu.

Bapak Asri selaku sekretaris desa dalam sambutannya menyatakan harapannya agar Desa Sicini bisa menjadi desa binaan mahasiswa KKN STIBA Makassar.

“Kami besyukur Desa Sicini bisa kedatangan mahasiswa KKN STIBA Makassar untuk yang kesekian kalinya. Ini pertanda bahwa respons masyarakat yang baik terhadap mahasiswa KKN STIBA sehingga bisa saling kerja sama membuat kegiatan keagamaan dalam membina agama, akhlak, budi pekerti dan sebagainya,” ungkapnya.

Ia juga menyampaikan pesan dari kepala Desa Sicini bahwa mereka siap memfasilitasi semua kegiatan yang akan diprogramkan mahasiswa KKN STIBA Makassar di Desa Sicini.

“Kami dari pemerintah Desa Sicini insyaallah siap memfasilitasi seluruh kegiatan adik-adik sekalian. Maka dari itu jangan malu-malu untuk bertanya dan meminta bantuan kepada kami”.

Riksanjani selaku koordinator KKN STIBA Desa Sicini dalam sambutan dan pemaparan program kerjanya mengucapkan terima kasih kepada kepala desa dan masyarakat yang telah menerima mereka dengan baik. Harapannya, semoga bisa melanjutkan kenangan baik KKN sebelumnya dan tidak akan mengecewakan masyarakat Sicini.

“Kami memohon bantuan masyarakat sekalian untuk merealisasikan serta membantu jalannya program kerja kami,” ujar Riksanjani.

Harapan besar dari warga desa mereka sampaikan dalam kesempatan tersebut. Salah satu dari mereka adalah Ibu Hasnah, seorang tokoh pendidik dari Dusun Siriya. Ia sangat berharap agar mahasiswa dapat membantu mengajar di SD Inpres Dusun Siriya meski jaraknya terbilang cukup jauh, minimal dipergilirkan tiap hari.

“Di sekolah kami cuma ada satu guru agama jadi sangat minim pengajaran ada di tempat kami,” katanya.

Kepala Dusun Pattiroang juga mengharapkan mahasiswa KKN STIBA bisa bisa melanjutkan pengajian-pengajian dan pengajaran Dirosa yang dilakukan oleh mahasiswa KKN STIBA sebelumnya. Di samping mengisi taklim di setiap masjid minimal sekali sepekan.

Di antara yang paling bersemangat mengikuti acara seminar Program Kerja KKN STIBA adalah Bapak Najamuddin Kepala Sekolah Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Sicini. Ia meminta agar sekolah MIS Muhammadiyah bisa lebih diperhatikan karena merupakan sekolah pertama yang dibangun di desa tersebut dan juga kekurangan pengajar untuk mengajar di sekolah tersebut.

Harapan Hj. Hasni selaku ketua BPD Desa Sicini agar mahasiswa KKN STIBA bisa mengisi kultum di masjid-masjid agar dapat memotivasi masyarakat dan pemuda untuk melakukan ibadah-ibadah di masjid salah satunya ibadah salat.

“Kami harap dari adik-adik sekalian agar bisa membagi kelompoknya untuk bisa mengisi kultum, khotbah Jumat dan mengajar di TKA/TPA di Dusun Labbabatu agar memotivasi masyarakat dan pemuda-pemuda untuk beribadah di masjid. Kasihan, karena kurangnya pengajaran agama di dusun kami, hampir tiap hari Jumat tidak ada khatib dan jamaah yang melakukan salat Jumat,” tuturnya.

Harapan Ketua Koordinasi Wilayah BPD Desa Sicini S. Dg. Lalang agar mahasiswa KKN STIBA bisa bekerja sama dalam program safari dakwah. Program ini akan dilaksanakan di bulan Ramadan mendatang.

“Jujur kami merasa senang dengan kehadiran mahasiswa KKN STIBA di Desa Sicini ini untuk saling bersinergi dalam melaksanakan program-program terutama nanti di bulan Ramadan. Tepat di hari kedua puasa insyaallah ada safari dakwah di dusun-dusan, jadi kami berharap adik-adik sekalian bisa full kegiatannya nanti di bulan Ramadan.”

Tahun ini jumlah mahasiswa KKN STIBA Makassar di Desa Sicini sebanyak lima orang laki-laki.

Reporter: Irsan

Loading