(STIBA.ac.id) Makassar –  Dalam rangka meningkatkan kualitas khatib di kalangan mahasiswa STIBA Makassar, Departemen Dakwah Dewan Esksekutif Mahasiswa (DEMA) kembali mengadakan breafing khuthoba. Mahasiswa yang menjadi peserta dalam penyuluhan ini adalah mahasiswa semester IV dan VI yang telah terjadwal di beberapa masjid binaan DEMA sebagai khatib.

Ustaz Ihsan Dahri, S.H. selaku pemateri pada kegiatan ini menyampaikan beberapa hal terkait peran penting khatib pada pelaksanaan salat Jumat, serta bekal-bekal yang harus disiapkan oleh para khatib sebelum naik ke atas mimbar. Menurutnya, khotbah mempunyai pengaruh yang sangat kuat dan besar pada pelaksanaan salat Jumat. Tanpanya, salat Jumat tidak akan terlaksana.

Ustaz Ihsan juga menganalogikan seorang khatib sebagai dokter yang akan mengoperasi pasiennya. Sebelum melakukan operasi, seorang dokter harus sudah mempunyai ilmu yang mumpuni di bidang tersebut,

“Dai itu ibarat dokter yang mana dokter itu fokus dan pendidikan sebelum ia mengoperasi pasiennya,” ujar alumni STIBA Makassar tersebut.

Selain itu, ia juga menekankan kepada para khatib agar memiliki banyak hafalan baik Al-Qur’an maupun hadis. Juga berpesan agar memperbaiki niat. Menjadi khatib bukan sebagai ajang pamer agar terkenal, namun untuk menebarkan dakwah Islam sebagaimana yang diperintahkan kepada seluruh umat Islam.

Kegiatan ditutup dengan foto bersama antara pemateri dan sepuluh orang peserta. Acara dilaksanakan di Kampus STIBA Makassar pada Jumat, 11 Maret 2022.

Reporter: Ashar

Loading

Tinggalkan Balasan