(STIBA.ac.id) Makassar – Kajian Spesial Sejarah Islam telah usai digelar Divisi Dakwah dan Diklat Biro Rumah Tangga (BRTM) Masjid Anas bin Malik STIBA Makassar. Perhelatan itu diadakan selepas salat Isya pada Jumat (3/6/22) di Masjid Anas bin malik kampus STIBA.

Kajian yang bertajuk Mengambil Ibrah dan Pelajaran dari Runtuhnya Andalusia ini dihadiri tidak kurang dari 600 mahasiswa dan warga kampus lainnya.

Kegiatan diawali dengan pengarahan panitia, tilawah Al-Qur’an dan laporan ketua panitia, Indra Dwi Kurniawan. Selepas itu, kegiatan dilanjutkan dengan sambutan Ketua BRTM yang dalam penyampaiannya, Muhammad Hanif Hasan menegaskan pentingnya belajar sejarah. Ia mengutip salah satu dari mendiang Soekarno.

“Presiden pertama Indonesia pernah berpesan, ‘Janganlah melupakan sejarah karena bangsa yang besar ialah bangsa yang mengetahui sejarah mereka’,” ujarnya.

Panitia menghadirkan Ustaz Surahman Yati, Lc., menjadi narasumber dalam kajian spesial tersebut. Dalam materinya, alumni Universitas Islam Madinah itu menyampaikan beberapa poin vital terkait sebab runtuhnya Andalusia di masa lampau, di antaranya tidak ada sistem pengaderan yang baik, menghancurkan kejayaan mereka sendiri dengan saling merebut kekuasaan, serangan orang-orang nasrani, lemah dari segi akidah, terlena dengan dunia, dan beberapa kerajaan yang bersinergi dengan orang-orang kafir.

Lebih lanjut, Ustaz Surahman juga memaparkan ibrah yang dapat dipetik dari runtuhnya Andalus. Bahwa kaum muslimin harus bangga dengan syariat Islam yang jaya dengan jalan jihad. Selama Al-Qur’an dan sunah berada di tangan muslimin, maka Islam akan terus jaya. Namun apabila kaum ini ditenggelamkan gemerlap dunia, maka akan tenggelam pula kejaan Islam.

Di penghujung kegiatan, acara ditutup dengan sesi menjawab pertanyaan pemateri yang berhadiah buku, penampilan nasyid, dan puisi.

Reporter: Muh. Akbar – Infokom BRTM

Loading

Tinggalkan Balasan