(STIBA.ac.id) Jakarta – MUI Pusat menggelar kegiatan Standardisasi Dai MUI Pusat Angkatan XII. Kegiatan yang merupakan bagian dari program kerja Komisi Dakwah MUI Pusat ini diikuti oleh 66 peserta se-Indonesia yang dinyatakan lolos seleksi dari 900-an pendaftar.

Kegiatan berlangsung pada hari Senin, 30 Mei 2022 (29 Syawal 1443 H) di Aula Buya Hamka lantai 4 Kantor MUI Pusat, Menteng Jakarta Pusat.

Dua Dosen STIBA Makassar ikut sebagai peserta, Dr. Ir. H. Muhammad Kasim Saguni, M.A., dan Dr. H. Kasman Bakry, M.H.I.

Kegiatan yang berlangsung seharian penuh, mulai pukul 08:00-22:00 WIB, dibuka secara resmi oleh Sekretaris Jenderal MUI Pusat, Dr. K.H. Amirsyah Tambunan.

Standardisasi ini hakikatnya merupakan bentuk penyamaan persepsi dan cara pandang para dai terhadap aktivitas dakwah islamiah dalam bingkai wasathiyah dan kebangsaan.

Di antara materi standarisasi yaitu:

1. Kode Etik Dakwah, oleh K.H. Riswan Muchtar, M.Si.

2. Fiqh Dakwah, oleh Dr. Muhammad Choirin.

3. Dakwah dan Media Penyiaran, oleh Mohamad Reza.

4. Ketentuan Hukum Terkait Dakwah, oleh Rofiqul Umam Ahmad.

5. Sistem Ekonomi Islam, oleh Ir. Muhammad Nadratuzzaman Hosen, M.S., M.Ec., Ph.D.

6. Pedoman Dakwah Islam Wasathiyah, oleh K.H. Ahmad Zubaidi, M.A.

7. Metode Dakwah Islam Wasathy, oleh K.H. M. Cholil Nafis, Lc., Ph.D.

Terlihat di antara peserta angkatan ke-12 ini, Ustaz Andi Kaimuddin, M.A. yang juga merupakan alumni STIBA Makassar angkatan ke-3.

Tampak pula Ustaz Nur Ihsan Muh. Idris, Lc. yang pernah menjadi dosen STIBA. Ia menjadi salah seorang yang terlibat aktif dalam kepanitiaan, sekaligus merupakan Anggota Komisi Dakwah MUI Pusat.

Loading

Tinggalkan Balasan