(STIBA.ac.id) Makassar –  Sekolah Tinggi Ilmu Islam dan Bahasa Arab (STIBA) Makassar dan Wahdah Islamiyah menggelar acara Dialog Kebangsaan di Gedung Aisyah Kampus STIBA Makassar. Kegiatan ini bertajuk Dengan Takwa dan Komitmen pada Konstitusi Kita Wujudkan NKRI Jaya dan Harmoni.

Dialog Kebangsaan ini dihadiri sejumlah tokoh bangsa, di antaranya Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Prof. Dr. H. Mahfud MD., Ketua MUI Pusat Dr. K.H. Sodikun, M.Si., Kasubdit Kontra Ideologi Ditcegah Densus 88 AT Polri Kombes. Pol. Ponco Ardani, S.H., Kepala Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Sulsel Prof. Dr. Muammar Muhammad Bakry, Pangdam XIV Hasanuddin Mayjen TNI Andi Muhammad Bau Sawa Mappanyukki, Kapolda Sulsel Irjen. Pol. Drs. Nana Sudjana, M.M., dan Ketua Umum DPP Wahdah Islamiyah Dr. K.H. Muhammad Zaitun Rasmin, Lc., M.A.

Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Islam dan Bahasa Arab (STIBA) Makassar, Ustaz Dr. Ahmad Hanafi Dain Yunta menyampaikan, keberagamaan di Indonesia itu merupakan unsur yang tidak dapat dipisahkan.

“Narasi kebangsaan dan keberagamaan khusunya Islam sejatinya adalah sebuah kebersamaan yang tidak bisa dipisahkan,” katanya dalam acara Dialog Kebangsaan tersebut, Jumat (19/8/2022).

Ia menilai bahwa lahirnya bangsa Indonesia ini mengajarkan pada dunia betapa nilai ketuhanan dan keimanan itu bertahta pada sila pertama Pancasila yang merupakan kesepakatan anak bangsa untuk membentuk dan membangun bangsa dan negara.

“Sila pertama, yaitu Ketuhanan Yang Mahaesa menjiwai sila-sila berikutnya yang dengannya bangsa Indonesia ini menjadi teladan bagi dunia bagaimana meramu kebersamaan yang indah,” jelasnya.

Ustaz Ahmad Hanafi menyayangkan adanya arus untuk mendegradasi nilai kebangsaan dalam semangat dan keberagaman. Hal ini berpotensi mereduksi nilai keberagaman dalam semangat kebangsaan yang merupakan sebuah pondasi kehidupan bangsa.

“Memperhatikan fenomena ini di mana secara faktual telah memberi dampak dari sisi keamanan negara. Maka STIBA Makassar dan Wahdah Islamiyah sebagai anak bangsa yang tidak terpisahkan dari bangsa ini merasa terpanggil untuk memberikan kontribusi dan merekatkan kedua nilai dan semangat yaitu nilai semangat kebangsaan dan keberagamaan, yang bukan hanya menjadi pilar tapi sekaligus menjadi pondasi bagi kehidupan kita sebagai bangsa,” tuturnya.

Ketua STIBA Makassar tersebut juga menegaskan bahwa ulama dan pemerintah adalah dua kompenen yang memiliki peran dan tugas untuk mewujudkan NKRI yang jaya dan harmoni.

“Tentu saja peran ulama sangat signifikan sebagai mitra pemerintah yang dalam ajaran Islam kedua kelompok tersebut sebagai pilar utama untuk kebaikan, ketentraman, kesejahteraan serta kemakmuran suatu masyarakat, bangsa dan negara. Dengan takwa dan komitmen pada konstitusi dalam perundang-undangan dan hukum yang berlaku kita wujudkan NKRI jaya dan harmoni,” tegasnya.

Reporter: Muh. Akbar

Loading