(STIBA.ac.id) Makassar –  Daurah 30 Hari Murajaah Al-Qur’an yang telah berlangsung sejak 23 Juli 2022 hingga 25 Agustus 2022 resmi ditutup, Sabtu, 06 Safar 1444 H (03/09/2022). Kegiatan ini merupakan salah satu program kerja Bidang Murajaah UKM Raudhatul Huffaazh Putri STIBA Makassar.

Daurah 30 Hari Murajaah Al-Qur’an mengusung tema Berpegang dengan al-Qur’an Merupakan Jalan Kebahagiaan

Ustazah Nuraeni Novita, Lc., S.Pd.I., M.Pd.I. selaku pemateri mengatakan bahwa penghafal Al-Qur’an memiliki kedudukan yang tinggi sampai ia meninggal. Menurutnya, fasilitas syafaat yang dimiliki oleh Al-Qur’an tidak ternilai harganya karena dengannya hidup di dunia dan di akhirat menjadi bahagia.

“Karena isinya bukan bacaan biasa melainkan ia adalah perkataan Allah yang apabila kita membacanya berarti kita membaca perkataan Allah. Para penghafal Al-Qur’an di hari kiamat akan dimuliakan pun di surga kelak. Jika hari ini kita membela Al-Qur’an maka di akhirat kelak Al-Qur’an akan membela kita dan Al-Qur’an akan meminta yang lebih kepada Allah dari apa yang kita berikan,” terangnya.

Ustazah juga menambahkan tips agar hafalan tidak mudah hilang, yaitu konsisten, sediakan waktu, perbanyak membaca, membacanya dalam salat baik itu salat wajib maupun sunah, mengajarkan kepada orang lain, mendengar bacaan al-Qur’an, memotivasi diri, membaca al-Qur’an tanpa mushaf dan menjauhi maksiat dan sifat tercela.

Di samping tips agar hafalan kuat, ia juga menguraikan hambatan-hambatan dalam muraja’ah.

“Di antara hambatan dalam muraja’ah adalah banyak hal yang dipikirkan dalam satu waktu, kurang praktik menghafal al-Quran, putus asa saat tidak mencapai target hafalan, kurang perhatian terhadap hafalan al-Qur’an, tidak memiliki perencanaan dan tujuan, terlalu banyak prioritas selain program menghafal al-Qur’an, kelelahan fisik dan pikiran serta problematika emosi yang belum terselesaikan saat menghafal al-Qur’an,” ujar dosen STIBA Makassar tersebut.

Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Ummul Mukminin Aisyah radhiyallahu ‘anha dan dihadiri oleh seluruh peserta dan muhaffizhah Daurah 30 Hari Muroja’ah Al-Qur’an dan mahasiswi STIBA Makassar yang ada di asrama. Adapun jumlah peserta yang berhasil menyelesaikan muroja’ah 30 juznya berjumlah tiga orang dan dua orang yang berhasil menyelesaikan hafalan 30 juznya.

Rep. Tim Humas Putri

 237 total views,  2 views today