(STIBA.ac.id) Makassar – Setiap orang membutuhkan nasihat. Kendatipun dia adalah orang yang paling bijaksana sekalipun. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bahkan mengatakan bahwa agama adalah nasihat.  

Maka tak hanya mahasiswa yang membutuhkan nasihat dan arahan. Para pengelola dan dosen pun tetap membutuhkan arahan-arahan agar tidak keliru dalam mengambil sikap.

Kamisan adalah agenda khusus tausiah untuk para pengelola dan dosen. Di Kamisan inilah momentum bertemunya seluruh pengelola dan dosen. Mereka bersama-sama mendengarkan nasihat dan arahan dari salah seorang dosen senior.

Ustaz Bahrun Nida, Lc. menjadi narasumber dalam Kamisan yang digelar Kamis (24/11/2022). Ada dua poin penting yang disampaikan Ustaz Bahrun dalam tausiahnya.

Pertama, kecintaan berlebihan manusia terhadap delapan hal yang mengalahkan cintanya terhadap tiga hal. Seperti disebutkan Allah Subhanahu wa Ta’ala dalam Al-Qur’an surah at-Tawbah: 24.

قُلْ إِن كَانَ آبَاؤُكُمْ وَأَبْنَآؤُكُمْ وَإِخْوَانُكُمْ وَأَزْوَاجُكُمْ وَعَشِيرَتُكُمْ وَأَمْوَالٌ اقْتَرَفْتُمُوهَا وَتِجَارَةٌ تَخْشَوْنَ كَسَادَهَا وَمَسَاكِنُ تَرْضَوْنَهَا أَحَبَّ إِلَيْكُم مِّنَ اللّهِ وَرَسُولِهِ وَجِهَادٍ فِي سَبِيلِهِ فَتَرَبَّصُواْ حَتَّى يَأْتِيَ اللّهُ بِأَمْرِهِ وَاللّهُ لاَ يَهْدِي الْقَوْمَ الْفَاسِقِينَ

Artinya: Katakanlah, “Jika bapak-bapak, anak-anak, saudara-saudara, isteri-isteri, kaum keluargamu, harta kekayaan yang kamu usahakan, perniagaan yang kamu khawatiri kerugiannya, dan rumah-rumah tempat tinggal yang kamu sukai, adalah lebih kamu cintai daripada Allah dan Rasul-Nya dan (dari) berjihad di jalan-Nya, maka tunggulah sampai Allah mendatangkan keputusan-Nya.” Dan Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang fasik. (QS. At-Tawbah: 24).

Poin kedua dari tausiah Ustaz Bahrun adalah perlunya seorang muslim memunculkan sikap percaya diri dalam arti yang positif.

 101 total views,  3 views today