(STIBA.ac.id) Makassar –  Sebagai mahasiswa yang dipersiapkan menjadi pendakwah di tengah masyarakat, maka penting untuk terus menumbuhkan semangat dakwah mereka. Dakwah dalam segala bentuknya termasuk dalam dunia literasi. Atas dasar inilah, Divisi Pengembangan Sumber Daya Manusia UKM Jurnalistik Putri STIBA Makassar mengadakan Seminar Ilmiah Dakwah dengan Literasi, Sabtu (17/12/2022). Kegiatan yang diselenggarakan di Aula Gedung Aisyah itu bertema Peran Literasi dalam Membangun Peradaban Islam di Era Generazi Z.

Kegiatan ini disemarakkan oleh 552 peserta dan menghadirkan dua orang pemateri. Pemateri pertama yaitu Ustazah Sartini Lambajo, Lc., S.H., M.H. dan Ustazah Ajrul Husnah Anwar, S.Si., M.Kes. sebagai narasumber kedua. Selain itu, Ustazah Dhee~AR turut menjadi pemateri dalam sesi Sharing Inspiring.

Ustazah Sartini memaparkan materi berjudul Menapaki Jejak Salaf dalam Dunia Literasi. Ia menjelaskan sejarah disusunnya Al-Qur’an serta kewajiban umat Islam merujuk pada kitab para ulama. Karena kitab para ulama unggul dari sisi waktu, keluasan ilmu yang dibuktikan dengan karya yang berjilid-jilid, dan cakupan ilmunya memuat seluruh cabang ilmu agama.

Melengkapi ulasan narasumber pertama, Ustazah Ajrul Husnah yang tampil sebagai pembicara kedua mengangkat materi berjudul Membangun Budaya Literasi Menuju Generasi Madani. Pemateri memaparkan sejarah dan peradaban umat Islam hingga dikenal sebagai umat Iqra atau umat literasi. Sejarah membuktikan bahwa Islam berperadaban dan mencapai puncak kejayaan karena budaya literasi yang dijunjung tinggi.

“Setiap manusia apa pun profesinya akan butuh literasi. Karena itu, mari berkarya dengan meningkatkan budaya literasi menuju generasi madani atau berperadaban,” tambah pendiri Komunitas Pejuang Literasi Anak Indonesia tersebut.

Dalam kegiatan kali ini, penyelenggara juga menggandeng Ustazah Dhee~AR yang terhubung secara daring dari Madinah, Arab Saudi. Ia pun menguraikan pentingnya literasi dan sosial media sebagai ladang dakwah.

“Untuk seorang daiyah penting baginya untuk menguasai dua bahasa, pertama bahasa Arab. Dengan bahasa Arab kita bisa memahami Al-Qur’an, sunah Nabi, dan perkataan ulama. Kemudian yang kedua, bahasa ummi/ibu yaitu bahasa yang kita gunakan. Di Indonesia banyak suku bangsa yang bahasa ummi mereka adalah bahasa yang mereka pakai. Karena dengan bahasa ummi kita bisa lebih mudah menyebarkan dakwah kepada masyarakat, karena mereka mudah memahaminya,” ujarnya.

Di pengujung acara, panitia mengumumkan pemenang juara Musabaqah Muslimah’s Expo 2022 yang telah dilaksanakan selama lima hari di Aula Aisyah STIBA Makassar dan diikuti oleh 102 peserta dari 6 cabang musabaqah, yaitu Musabaqah Desain Poster, Musabaqah Desain Video Kreatif, Musabaqah Penulisan Esai, Musabaqah Resensi Kitab Arab, Musabaqah Cepat Tepat Wawasan Buku Bahasa Arab, dan Musabaqah Mading 3D.

Adapun daftar pemenang musabaqah dari juara I sampai III sebagai berikut:

Musabaqah Desain Poster

I. Syamsany (STIBA Makassar)

II. Nurlaela Tasrun (Ma’had Al-Birr)

III. Syamsinar Kadir (STIBA Makassar)

Musabaqah Desain Video Kreatif

I. Mardiana (Umum – Barru)

II. Firdayani Sagita (STIBA Makassar)

III. Nur Indah Lestari (STIBA Makassar)

Musabaqah Penulisan Esai

I. Reski Harfiani (Universitas Negeri Makassar)

II. Dian Rahmana Putri (Ma’had Tadrib ad-Da’iyah al-Muslimah Makassar)

III. Chaeriyah Rafidah (Universitas Hasanuddin)

Musabaqah Resensi Kitab Arab

I. Aisa Lalaga (Perbandingan Mazhab VF)

II. Rifqatunnisa (Pendidikan Bahasa Arab IC)

III. Retnowati Eka Putri (Perbandingan Mazhab IJ)

Musabaqah Cepat Tepat Wawasan Buku Arab

I. Perbandingan Mazhab VK

II. Perbandingan Mazhab IIIL

III. Perbandingan Mazhab VIIH

Musabaqah Mading 3D

I. Universitas Muhammadiyah

II. STIBA Makassar

III. Universitas Hasanuddin

Reporter: Tim Humas Putri

Loading