(STIBA.ac.id) Jakarta –  Ustaz Akhmad Hanafi Dain Yunta, Lc., M.A., Ph.D. bersama beberapa dosen STIBA Makassar menghadiri Forum Alumni Universitas-Universitas Arab Saudi (ملتقى خريجي الجامعات السعودية) di Jakarta, Selasa—Kamis (10-12/01/2023).  

Dr. Akhmad Hanafi (Ketua STIBA Makassar) dan Dr. Rahmat Abdurrahman (dosen STIBA Makassar) mengapit Rektor Universitas Islam Madinah Syekh Dr. Mamduh bin Saud bin Tsunayyan Al Saud

Acara tersebut diadakan oleh Universitas Islam Madinah bekerja sama dengan Universitas King Abdul Aziz dan Universitas King Faisal.

Dari kanan ke kiri: Ustaz Fahmi Malik (Palu), Ust. Salman al Farisi (Medan), Ust. Dr. Akhmad Hanafi (Ketua STIBA Makassar), Ust. Dr. Ali Musri (mantan Ketua STDIIS Imam Syafi’i Jember), Ust. Fathurrahman Kemal (Ketua Majelis Tabligh Muhammadiyah Pusat), dan Dr. Usman Jafar (mantan Wakil Rektor MEDIU Bid. Akademik)

Hadir dalam forum internasional ini sejumlah pejabat Kerajaan Saudi, seperti Penasihat Kerajaan yang juga anggota Dewan Ulama Senior, imam dan khatib Masjidil Haram Syekh Dr. Saleh bin Abdullah bin Humaid, Duta Besar Saudi untuk Indonesia Isham bin Ahmad Al-Tsaqafi, dan Rektor Universitas Islam Madinah Syekh Dr. Mamduh bin Saud bin Tsunayyan Al Saud.

Forum ini membahas empat tema utama. Tema pertama adalah upaya lulusan lembaga pendidikan tinggi Saudi dalam menjelaskan konsep moderasi dan mendakwahkannya, memperingatkan bahaya ekstremisme, menjelaskan toleransi Islam dan orientasi moderat Kerajaan Saudi.

Pembahasan tema kedua seputar upaya-upaya para lulusan KSA di bidang pengembangan masyarakat lokal tempat mereka tinggal, dan menyajikan pengalaman dan percontohan serta meninjau pengalaman mereka di bidang ini.

Tema ketiga membahas tentang peran lulusan lembaga pendidikan tinggi Saudi dalam mengembangkan hubungan negara asal mereka dengan Kerajaan Arab Saudi.

Sedangkan tema keempat membahas upaya lulusan lembaga pendidikan tinggi Saudi di bidang penyebaran ilmu dan pengetahuan.

Dr. K.H. Muhammad Zaitun Rasmin (Pemimpin Umum DPP Wahdah Islamiyah) bersama Syekh Dr. Saleh bin Abdullah bin Humaid (Penasihat Kerajaan Saudi, anggota Dewan Ulama Senior, imam dan khatib Masjidil Haram)

Forum ini dihadiri oleh utusan-utusan dari 13 negara, di antaranya Kamboja, Cina, Indonesia, Maladewa, Malaysia, Australia, Selandia Baru, Jepang, Singapura, Thailand, dan Vietnam.

 514 total views,  3 views today