(STIBA.ac.id) Makassar –  Bidang Ibadah UKM Asrama Putri STIBA Makassar sukses mengadakan Daurah Hadis dengan tema النيل على الحياة الماجدة بمعرفة الأحاديث النبوية (Menggapai Hidup Mulia dengan Mengetahui Hadis Nabi). Acara yang berlangsung di Aula Gedung Aisyah Kampus Putri STIBA ini berlangsung selama tujuh hari, 09-16 Jumadilakhir 1444 H (02—09/01/2023).

Daurah hadis dibuka dengan sambutan dari Ustazah Armida, Lc. Dalam sambutannya ia mengingatkan kepada para peserta akan pentingnya mengikuti kegiatan seperti daurah hadis ini, serta berharap agar para peserta mampu mengambil banyak faedah dan bisa membandingkan derajat hadis yang ada.

“Di dalam buku Kitabul Jami’ ada sebagian hadis daif. Melalui daurah inilah kita dapat mengetahui mengapa hadis daif masih dicantumkan di Kitabul Jami’. Semoga Allah mudahkan lisan-lisan kita untuk menghafalkan hadis Rasulullah shallallahu alaihi wasallam. Karena seperti yang kita tahu hadis adalah pelengkap Al-Quran,” ujar Kepala Keputrian STIBA Makassar tersebut.

Panitia kali ini kembali menggandeng Ustaz Rahmat Badani, Lc., M.A. sebagai pensyarah. Adapun bab yang disyarah adalah Bab III dan IV Kitab al-Jami’.

Di hari pertama, Ustaz mensyarah hadis pertama dari Bab III yang membahas tentang syubhat. Ustaz menjelaskan bahwa ada beberapa sebab adanya perkara syubhat, salah satunya adanya dua dalil yang saling bertolak belakang.

Daurah ini diadakan untuk mengisi liburan mahasiswi dengan menghafal hadis-hadis Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Diikuti peserta sebanyak 65 orang, 64 dari mahasiswi STIBA dan satu orang peserta dari masyarakat umum. Dalam daurah kali ini, ada 15 peserta yang berhasil menyelesaikan hafalan hadisnya.

Laporan: Tim Humas Putri

 29 total views,  4 views today