(STIBA.ac.id) Makassar –  Bidang Pengembangan Bahasa UKM Al-Fusha untuk pertama kalinya mengadakan Daurah Matan Al-Ajurumiyah dengan tema “أهمية اللغة العربية في تكوين الجيل الرباني” (Pentingnya Bahasa Arab dalam Pembentukan Generasi Rabbani). Daurah ini berlangsung selama sepuluh hari pada tanggal 11-12 Jumadilawal 1444 H/05-15 Januari 2023 M di Gedung Ummu Salamah Kampus Putri STIBA Makassar.

Daurah ini diadakan untuk membantu peserta dalam memahami kaidah-kaidah bahasa Arab. Di samping itu, melalui daurah ini pula diharapkan dapat membantu peserta mengokohkan pemahaman terhadap ilmu bahasa Arab dan menambah kecintaan terhadap bahasa Arab.

Adapun narasumber yang mensyarah matan adalah Ustazah Ainil Maqsurah, S.H., M.H. dengan bab yang disyarah adalah Bab Kalam dan Bab Na’at.

“Sepatutnya bagi seseorang yang ingin menuntut ilmu sementara dia bukan ahli berbahasa Arab untuk pertama kalinya dengan mempelajari bahasa Arab lalu mempraktikkannya. Jadi wajib bagi setiap muslim untuk mempelajari bahasa Arab sekuat kemampuannya,” nasihat Ustaz Rustam Koli, Lc., M.A. selama pembukaan Daurah Matan.

Daurah ini diikuti oleh 34 peserta yang semuanya adalah mahasiswi STIBA Makassar. Adapun jumlah peserta yang berhasil menyelesaikan hafalan Matan Al-Ajurumiyah berjumlah 28 orang.

Laporan Tim Humas Putri

 39 total views,  3 views today