(STIBA.ac.id) Makassar –  UKM Raudhatul Huffaazh menyelenggarakan kajian ilmu tajwid bertema Peranan Penting Ilmu Tajwid bagi Para Penghafal Al-Qur’an. Kegiatan ini dilaksanakan  di lantai empat gedung Abdullah bin Mas’ud, STIBA Makassar. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh anggota Raudhatul Huffazh dan musyrif halaqah.

Ustaz Abdullah Yusran, Lc. selaku pembina Raudhatul Huffaazh membuka acara dengan menyampaikan sambutan yang memaparkan pentingnya memahami ilmu tajwid bagi para penghafal Al-Qur’an. Menurutnya membaca Al-Qur’an dengan tajwid yang benar adalah hal yang sangat penting bagi setiap Muslim, terutama bagi mereka yang ingin menghafalkan Al-Qur’an.

Ia juga menambahkan bahwa ilmu tajwid membantu memperjelas makna dari setiap ayat Al-Qur’an, sehingga membantu dalam memahami Al-Qur’an secara lebih mendalam.

Pemateri kajian ini adalah Ustaz Hasbin Abd. Rahim, S.Pd.I. Ia adalah seorang hafiz yang memiliki pengalaman dan keahlian dalam mengajarkan ilmu tajwid dan juga merupakan imam tetap masjid Wihdatul Ummah sejak tahun 2003 hingga sekarang. Dalam kajiannya, Ustaz Hasbin menekankan pentingnya memahami ilmu tajwid dalam membaca Al-Qur’an terutama bagi para penghafal Al-Qur’an.

“Orang yang membaca Al-Qur’an dengan baik adalah orang yang membacanya dengan tajwid,” ujarnya,  Jumat (03/02/23).

Ustaz Hasbin juga memberikan banyak contoh dan penjelasan mengenai ilmu tajwid, termasuk bagaimana membaca Al-Qur’an dengan tajwid yang benar. Ia juga memberikan tip dan trik dalam memahami ilmu tajwid dan bagaimana mengaplikasikannya dalam membaca Al-Qur’an.

Selain itu, Ustaz Hasbin memaparkan bagaimana ilmu tajwid dapat membantu menghilangkan kekeliruan dalam bacaan Al-Qur’an dan memperkuat konsentrasi saat membaca. Dengan demikian, memahami ilmu tajwid akan membantu meningkatkan kualitas dan kekuatan hafalan Al-Qur’an.

Kegiatan ini merupakan salah satu upaya UKM Raudhatul Huffaazh untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an dan memperdalam pemahaman tajwid bagi para peserta. Sehingga dengan mengikuti kajian ini, seluruh peserta diharap dapat memperdalam pengetahuan mereka tentang ilmu tajwid dan membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar sebagaimana Rasulullah mengajarkan kepada umatnya.

Reporter: Abdullah al-Faruq

Loading