Sebagai langkah awal rangkain KKN mahasiswa KKN VI STIBA Makassar yang bertugas di posko kelurahan Bonto Lerung melakukan seminar Program Kerja setelah beberapa hari sebelumnya melakukan observasi dan silaturahmi.

Seminar ini dihadiri langsung oleh Lurah Bonto Lerung Ramli Kiyo, S.E. Ruang kelas Madrasah Aliyah YAPI Bontote’ne menjadi tempat diselenggarakannya seminar tersebut, mengingat kantor lurah yang tidak memungkinkan karena kondisinya yang belum kondusif.

Kegiatan tersebut berjalan dengan khidmat. Diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an dan dilanjutkan  dengan beberapa sambutan. Sambutan pertama oleh Korcam Tinggimoncong, Dwi Faturrahman. Ia kembali memperkenalkan para mahasiswa kepada masyarakat dan tokoh-tokoh yang hadir dalam kegiatan tersebut serta mempertegas bahwa para mahasiswa yang ditugaskan di Bonto Lerung merupakan para dai yang siap melayani masyarakat.

Sambutan kedua disampaikan oleh Lurah Bonto Lerung. Dalam sambutannya ia memperkenalkan potensi wisata yang ada di Bonto Lerung serta UMKM yang ada di kelurahan tersebut. Selain itu ia juga menawarkan beberapa proker yang diharapkan bisa dipertimbangkan para mahasiswa dalam melakukan KKN selama dua bulan ke depan.

“Jadi ke depannya kami akan membuat pengajian di daerah-daerah wisata yang ada di Bonto Lerung ini, dan mahasiswa KKN VI STIBA Makassar diharapkan menjadi pengajar atau pembimbing dalam pengajian tersebut agar wisatawan yang datang bisa sekaligus mendapatkan wisata rohani,” ujarnya.

Sambutan terakhir dibawakan oleh Imam Kelurahan Bonto Lerung H. Abdurrahman, S.Ag. S.H. Beliau merupakan tuan rumah mahasiswa KKN di kelurahan ini. Ia menyampaikan kepada para audiens bahwa mahasiswa KKN STIBA berbeda dengan KKN dari kampus yang lainnya karena proker yang dicanangkan oleh mahasiswa KKN STIBA Makassar lebih kepada pengembangan ruhiyah, iman, dan takwa.

“Mahasiswa KKN STIBA Makassar berbeda dengan kampus-kampus lain yang datang di desa ini, mereka (mahasiswa STIBA) tidak membangun jembatan dan bangunan tetapi membangun hati para masyarakat,” pungkasnya.

Acara dilanjutkan dengan pemaparan program kerja oleh Kordes Bonto Lerung Muhammad Wahfi Dwiyansyah. Di antara proker yang menjadi program andalan mereka adalah Festival Anak Saleh, Upgrading Dai, Amaliyah Ramadan, dan Taklim Spesial.

Seminar ini ditutup dengan pembagian buku Serial Dasar-Dasar Islam dan Aqidah Ahlussunah terhadap Para Sahabat.

Reporter: Wahfi

Loading