(STIBA.ac.id) Makassar –  BRTM Anas bin Malik mengadakan kajian spesial bertema Mewaspadai Virus Merah Jambu, Sabtu (11/02/2023). Kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Kepala Keasramaan Ustaz Sirajuddin Qasim, Lc., M.H. Dalam sambutannya, Ustaz Siraj memaparkan beberapa hal terkait dengan permasalahan generasi milineal saat ini. Secara khusus kepada para mahasiswa penuntut ilmu syariat ia berpesan untuk tidak memudah-mudahkan berinteraksi dengan lawan jenis.

Ustaz Nirwan Idris, Lc., M.H.I. merupakan narasumber utama kegiatan yang digelar di Masjid Anas bin Malik ini. Panjang lebar ia menguraikan bahaya godaan wanita bagi diri seorang penuntut ilmu. Bahkan wanita, menurut Ustaz Nirwan adalah fitnah terbesar bagi kaum lelaki.

“Virus ini tidak hanya menimpa lelaki awam, tapi juga para ahli ibadah,” tegasnya.

Ia merujuk pada firman Allah dalam Surah Ali Imran ayat 214.

Lebih lanjut Ustadz Nirwan Idris memberikan pujian terhadap pemuda yang mampu menahan syahwat di masa lajangnya. Masa di mana perasaan suka dan syahwat yang masih menggebu-gebu, tapi dia isi dengan ketaatan-ketaatan dan berbagai amal saleh yang dapat menghindarkan dia dari wanita.

“Orang yang paling susah dinasihati adalah orang yang sedang diuji hatinya dengan perasaan suka pada lawan jenis,” ujarnya.

Selain itu, ia juga memberikan tutorial agar bisa terlepas dari virus merah jambu itu. Di antaranya dengan cara menyibukkan diri dengan hal-hal yang dapat menghindarkan dia dari virus ini. Di samping itu, menjaga komunikasi dengan lawan jenis yang tidak ada ikatan mahram, dan juga meningkatkan keikhlasan dalam beribadah dan mendekatkan diri kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Reporter : Hisbul Kofia

Loading