(STIBA.ac.id) Makassar –  Hidup bersama dalam satu asrama di tengah perbedaan suku, ras, dan bahasa penghuninya tentu dapat mengundang berbagai konflik. Karena itu, untuk menciptakan persaudaraan yang kuat di antara mahasiswa STIBA Makassar di tengah perbedaan-perbedaan itu, Unit Kegiatan Khusus (UKK) Keasramaan STIBA Makassar kembali mengadakan kegiatan Taklim Ukhuwah, Jumat (17/02/2023). Tema yang diusung adalah Sejuknya Menuntut Ilmu dalam Bingkai Ukhuwah.

Kegiatan dimulai dengan sambutan Kepala Bagian Keasramaan, Ustaz Sirajuddin Qasim, Lc., M.H., yang berharap kegiatan ini dapat meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga persaudaraan.

“Ukhuwah imaniyah itu adalah suatu nikmat, oleh karenanya menjaga agar tidak terjadi keretakan, kemudian bersabar dan berkorban untuknya adalah ibadah,” ujarnya.

Ustaz Dr. Ronny Mahmudin menjadi narasumber dalam kegiatan ini. Dalam materinya, ia menyampaikan bahwa keberkahan ilmu berbanding lurus dengan eratnya persaudaraan.

“Anda tidak bisa mendapatkan keberkahan ilmu kalau Anda sering merendahkan dan meremehkan orang lain. Anda tidak akan mendapatkan kerberkahan ilmu, jika Anda tidak bisa menjalin ukhuwah dengan orang lain.” tegasnya.

Lebih lanjut, Ketua Komisi Ibadah Dewan Syariah Wahdah Islamiyah tersebut juga berpesan untuk bersabar dalam menuntut ilmu  dan memanfaatkan dengan baik kesempatan mereka di STIBA Makassar.

Duet puisi Muhammad Afif Fadhil dan Muhammad Reza tentang Persaudaraan karya Muhammad Farhan menjadi akhir yang penuh makna dan menyentuh hati pada kajian tersebut.

Reporter: Muh. Aliansyah Daud

Loading