(STIBA.ac.id) Makassar –  Ketua STIBA Makassar dan Wakil Ketua I Bidang Akademik menghadiri pengukuhan pengurus Asosiasi Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta (Aptikis) Indonesia, Rabu (10/05/2023).

Dalam kesempatan itu, dua pimpinan STIBA Makassar yaitu Ketua STIBA Makassar Akhmad Hanafi Dain Yunta, Lc., M.A., Ph.D. dan Waka I Dr. Kasman Bakry, S.H.I., M.H.I. dikukuhkan sebagai pengurus DPP dan DPW Aptikis masa bakti 2023—2027.

Ketua STIBA Makassar menjabat sebagai Wakil Ketua Bidang Kelembagaan dan SDM DPW Aptikis Wilayah VIII Sulawesi, Maluku, dan Papua. Sementara Waka I sebagai Wakil Sekretaris Bidang Hukum dan Advokasi.

Dr. Kasman Bakry, M.H.I (Waka I Bidang Akademik) bersama Dr. H. Zainut Tauhid Sa’adi, M.Si (Wakil Menteri Agama RI)

Di tingkat pengurus pusat, Ustaz Kasman Bakry yang sebelumnya pernah mewakili STIBA Makassar mengikuti Musyawarah Nasional I Aptikis 2022 di Jakarta, ditetapkan sebagai Direktur Bidang Pendidikan.

Ustaz Akhmad Hanafi menaruh harapan besar pada Aptikis ini bisa menjadi wadah penyaluran aspirasi PTKIS di tanah air.

“Semoga Aptikis bisa menjadi wadah bagi Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta untuk meneruskan aspirasi dan harapan PTKIS sehingga ke depan apa yang diharapkan agar PTKIS itu bisa maju dan setara bisa terwujud,” ungkapnya.

Pengukuhan pengurus ini juga dirangkaikan dengan Rapat Kerja Nasional I Aptikis Indonesia yang bertempat di Hotel Dalton Makasar. Tema yang diusung dalam rakernas tersebut adalah Bergerak Bersama, Menyongsong Perubahan untuk Maju dan Setara.

Asosiasi Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta (Aptikis) adalah lembaga yang belum lama ini terbentuk, tepatnya pada tahun 2022. Ketua Umum Aptikis, Dr. K.H. Maslim Halimin, M.A. menyatakan bahwa terbentuknya asosiasi ini merupakan hasil keresahan dan kegelisahan perguruan tinggi Islam swasta yang selama ini tidak memiliki tempat untuk berkumpul secara nasional.

Pada Rakernas I ini diadakan diskusi mengenai berbagai permasalahan dan prospek pengembangan PTKIS ke depan, termasuk masalah akreditasi program studi. Rakernas ini diharapkan dapat menjadi momen penting bagi perguruan tinggi keagamaan Islam swasta untuk bersatu dan membangun kerja sama nasional yang lebih luas.

Rakernas ini akan dihadiri oleh sekitar 100 perguruan tinggi dari Aceh hingga Papua. Hal ini menunjukkan betapa pentingnya Aptikis sebagai lembaga nasional yang mampu menaungi seluruh perguruan tinggi Islam swasta di Indonesia.

Loading