(STIBA.ac.id) Makassar –  UKM Asrama Putri STIBA Makassar mengadakan Nashaih Taujihiyah yang merupakan salah satu program kerja dari Pengurus Inti (PI) UKM Asrama Putri STIBA. Acara tersebut dilaksanakan sekali dalam sebulan.

Kegiatan ini dikhususkan untuk seluruh mahasiswi STIBA Makassar. Tema yang diangkat “Muruah adalah Meninggalkan Syahwat dan Tidak Menurutinya” dengan narasumber Ustazah Sa’adatul Jannah, S.H., M.E.

Dalam penjelasannya, narasumber menyinggung tentang muruah seorang muslimah. Muruah menurut Ibnu Arafah adalah penjagaan terhadap suatu perbuatan yang mubah apabila ditinggal akan mendapat celaan dari kebiasaan. Muruah adalah sesuatu perbuatan ketika orang itu meninggalkan mubah, jika dilakukan maka dia akan mendapatkan celaan menurut urf (kebiasaan).

Ustazah juga menambahkan ada beberapa tingkatkan muruah, yaitu muruah seseorang kepada dirinya sendiri, muruah seseorang kepada siapapun yang ada di sekitarnya dan muruah seseorang kepada Allah.

“Hal yang dapat merusak muruah kita yaitu boleh jadi dari adab itulah yang menjadi penghalang kita dalam memahami ilmu. Maka diharapkan agar para mahasiswi semakin menjaga muruahnya baik di dalam maupun di luar kampus,” ujar Ustazah kepada para mahasiswi.

Kegiatan ini berlangsung pada Jumat, 06 Zulkaidah 1444 H (26 Mei 2023) yang bertempat di Aula Aisyah Kampus Putri STIBA Makassar.

Reporter: Tim Humas Putri