(STIBA.ac.id) Ponorogo – Hari kedua Studi Banding, rombongan STIBA Makassar yang dipimpin Ketua STIBA menyambangi Universitas Darussalam (Unida) Gontor. Rombongan 27 petinggi STIBA tersebut meninggalkan Kota Surabaya pada pukul 07.00 WIB dan tiba di Unida pukul 12.00 WIB.
Rombongan melaksanakan salat Zuhur bersama di Masjid Kampus kemudian dijamu makan siang. Acara dilanjutkan dengan Penandatangan MoU & Benchmarking Sekolah Tinggi Ilmu Islam dan Bahasa Arab (STIBA) Makassar ke Universitas Darussalam (UNIDA) Gontor, di Ruang Multimedia, Gedung Utama Universitas Darussalam Gontor It. 3, Selasa, 14 Muharram 1445/01 Agsutus 2023.

Dari pihak Unida, hadir Wakil Rektor II Dr. Setiawan bin Lahuri, M.A., Wakil Rektor III Dr. Khoirul Umam, M.Ec., serta pemangku jabatan terkait.
Pihak Unida memfasilitasi setiap unit kerja yang hadir dalam Studi Banding ini dengan menghadirkan pejabat-pejabat terkait, yaitu:
1. BPM (Badan Penjamin Mutu).
2. DPB (Direktorat Pengembanan Bahasa).
3. DKP (Direktorat Kepesantrenan).
4. BAA (Biro Administrasi Akademik).
5. BAK (Biro Administrasi Keuangan).
6. BKAUI (Biro Kerja Sama, Alumni dan Urusan
Internasoinal).
7. LPPI (Lembaga Penerbitan dan Publikasi Ilmiah).
8. LPPM (Lembaga Penelitian dan Pengabdian
kepada Masyarakat).
9. PMB (Penerimaan Mahasiswa Baru).
10.Bagian Sarana dan prasarana UNIDA Gontor.
11.U3 (Unit Usaha UNIDA Gontor).
12.Fakultas Syari’ah (Prodi HES dan PM).
13. Fakultas Tarbiyah (Prodi PAI dan PBA).

Ketua STIBA Makassar Akhmad Hanafi Dain Yunta, Lc., M.A., Ph.D. saat memberikan sambutan menyampaikan selayang pandang institusinya. Ia juga menyampaikan alasan memilih Unida Gontor sebagai destinasi Studi Banding ini.
“Ibaratnya ingin menuntut ilmu sedalam-dalamnya kepada Unida Gontor yang dikenal sebagai institusi yang memiliki tradisi keilmuan yang dalam,” ujar Ustaz Akhmad.

Sementara Wakil Rektor III Dr. Khairul Umam, M.Si. mengungkapkan persamaan institusinya dengan STIBA Makassar.
“Basis kita sama yaitu pesantren. Orientasinya juga sama yaitu untuk umat. Model pendidikan bukan hanya formal seperti biasanya perguruan tinggi tapi lebih holistik,” ungkapnya.

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa institusi yang bergerak untuk kepentingan umat perlu memperhatikan kualitas dan formalitas.
“Kita kejar kualitas tapi tidak meninggalkan formalitas. Di luar sana banyak yang bertitel tapi tidak berkualitas. Sebaliknya, ada yang berkualitas tapi tidak bertitel. Maka kita perlu menggabungkan keduanya,” tuturnya.

Ahlan, antum keluarga kami. Sahlan, mestinya tidak ada lagi yang sulit dalam berkolaborasi dan berkomunikasi. Kita bisa seminar bersama melalui Zoom. Bisa menulis bareng dan menguji bersama,” imbuhnya lagi.

Acara dilanjutkan dengan penandatanganan MoU dan PKS serta penyerahan kenang-kenangan antarkedua pihak.

Rombongan diajak mengunjungi Pondok Modern Gontor dan menyaksikan aktivitas para santri.

Rombongan bertolak meninggalkan Gontor pukul 16.50 WIB menuju ke Pondok Salman al-Farisi II Karanganyar.


Pukul 20.00 WIB rombongan tiba di tujuan dan selanjutnya mengadakan pertemuan dengan para pengurus DPW Wahdah Islamiyah Jawa Tengah dan beberapa alumni STIBA Makassar.

Loading