(STIBA.ac.id) Surabaya – Sekolah Tinggi Ilmu Islam dan Bahasa Arab (STIBA) Makassar mengutus 27 pejabat untuk melakukan studi banding ke Pulau Jawa. Dimulai dari Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, dan berakhir di DKI Jakarta. Pemberangkatan rombongan berlangsung pada Ahad (30/07/2023).

Rombongan Studi Banding terdiri dari Ketua Senat Ustaz Dr. Muhammad Yusran Anshar, Lc., MA., Ketua STIBA Makassar Ustaz Dr. Ahmad Hanafi, Lc., M.A., Ph.D. beserta para wakil ketua, kepala pusat, dan kepala bagian.
Kunjungan ini dalam rangka melakukan studi banding ke sejumlah institusi pendidikan, seperti sekolah tinggi Islam, universitas Islam, MUI Pusat, pondok pesantren, dan lain-lain.

Pada hari pertama, Senin (31/07), tim dibagi menjadi dua. Tim pertama ke STDI Imam Syafi’i, Jember, Jawa Timur  dipimpin langsung oleh Ketua STIBA Makassar. Turut bersama rombongan Ketua Senat, Waka I dan Waka III, serta para pejabat terkait lainnya.

Mereka diterima langsung sejumlah petinggi STDI Imam Syafi’i, seperti Ustaz Dr. Muhammad Arifin Badri, Lc., M.A., serta Ustaz Dr. Syafiq Riza Basalamah, Lc., M.A.

Pertemuan berlangsung dengan penuh nuansa kekeluargaan. Apalagi Ketua STIBA Makassar, Ustaz Ahmad Hanafi, dan pimpinan STDI Imam Syafi’i, Ustaz Muhammad Arifin Badri, memang berteman akrab saat kuliah di Universitas Islam Madinah, Arab Saudi.

“Tamu yang masyaallah luar biasa. Ini bentuk ihsan zhan (prasangka baik) kepada kami, karena skalanya STIBA lebih besar dari kami, umur juga lebih tua. Saya belum selesai S-1 di Madinah, STIBA sudah ada,” sambut Direktur STDI  Imam Syafi’i Ustaz Arifin Badri.

Ustaz Akhmad Hanafi mengucapkan terima kasih atas diterimanya rombongan dan menjelaskan niat kunjungannya tersebut.

“Kita perlu melihat pencapaian orang lain agar kita bisa meningkatkan kualitas institusi kita. Ini peristiwa penting karena kami akan memulai periode yang kedua, terima kasih banyak atas penyambutan ini,” kata Ustaz Akhmad.

Ustaz Muhammad Yusran Anshar juga mendapat kesempatan untuk menyampaikan kalimat.
“Alhamdulillah sangat bahagia bertemu langsung dengan asatizah semuanya. Ini merupakan ziyarah fillah. Meskipun ini kelihatan resmi, tapi ini semua untuk menunjukkan mahabbah fillah, al mutajalisina fiyya, yang mendapat kemuliaan di hari kiamat kelak,” ungkap Ustaz Yusran.

Lebih lanjut, Ustaz Yusran menyebutkan bahwa ziarah merupakan kebiasaan para salaf.
“Para nabi pun seperti itu, Nabi Ibrahim mengunjungi ponakannya, Nabi Luth.
Abu Musa saling ziarah dengan Muadz bin Jabal. Sebagai pengamalan dari sabda Nabi, basysyira wala laa takhtalifa yassira wala tu’assira, tathawwa’a wa la takhtalifa,” pungkasnya.

Ustaz Muh. Jawaz, Ketua Yayasan Imam Syafi’i Jember, menyatakan bahwa STIBA penuh dengan perjuangan dan di dalamnya dibacakan Kitabullah.
“Kita sama-sama berjuang, mendidik generasi rabbani, di jalan yang sama untuk mendidik umat. Semua perlu perjuangan. Ana ucapkan
Alhamdulillah, jazakumullahu khairan ala qudumikum atas silatul ukhuwwah pada kesempatan ini,” ujarnya.

Sesi studi banding umum ini diakhiri dengan
penandatanganan MoU dan PKS serta penyerahan cinderamata.

Acara ditutup dengan sambutan singkat dari Ustaz Syafiq Riza Basalamah.
“Jazakumullahu khairan atas kedatangan saudara-saudara kita. Antum tahu Jember ini jauh, melelahkan. Semoga kedatangan antum kita kenang selalu,” pungkasnya.

Setelah seremoni penyambutan, kegiatan dilanjut dengan studi banding secara khusus yang dibagi menjadi empat bidang dari pukul 10.00 smpai 11.30.

“Saya harap ini bukan kunjungan yang pertama dan terakhir. Agar kita bisa saling belajar, bisa semakin termotivasi agar bisa semakin baik. Saya harap terus ada komunikasi, korespondensi, surat-menyurat, karena semangatnya adalah taawun dan musabaqah fil khairaat,” ujar Ustaz Arifin Badri saat melepas rombongan studi banding.

“Kita tidak perlu merasa khawatir untuk tersaingi. Umat kita masih terlalu besar untuk hanya di-cover oleh dua lembaga ini,” ujar Ustaz Arifin Badri melepas kepulangan rombongan studi banding STIBA Makassar,” lanjutnya.

Sementara tim kedua ke Koperasi Pondok Pesantren Sidogiri Pasuruan, dan tim kedua ke Sekolah Tinggi Dirasat Islamiyah (STDI) Imam Syafi’i, Jember.

Rombongan ke Kopontren Sidogiri dipimpin oleh Wakil Ketua IV Bidang Kerja Sama Ustaz Ahmad Syaripudin, S.Pd.I., M.Pd.I. Turut bersama rombongan Waka II, Ustaz Iskandar Kato, S.T.P., M.Si. (Ketua Bidang Pendidikan WI), pengurus Koperasi Tamam, dan beberapa pejabat terkait.
Rombongan diterima oleh para pejabat Koperasi Ponpes Sidogiri.

Loading