(STIBA.ac.id) Makassar –   Dewan Pengurus Pusat Wahdah Islamiyah menggelar Tabligh Akbar dengan tema “Dakwah Jalan Kemuliaan Umat dan Bangsa.” Acara ini diadakan secara langsung di Masjid Anas bin Malik serta disiarkan melalui platform Zoom Meeting dan Wahdah TV serta STIBA TV di YouTube.

Puncak acara ini adalah momen pelepasan 261 alumni STIBA Makassar, Tadribud Du’at, dan dai dan daiyah Wahdah Islamiyah lainnya, yang siap menjalankan tugas suci dakwah di berbagai pelosok negeri.

Ustaz Syaibani Mujiono, S.Sy., M.Si., Sekretaris Jenderal DPP Wahdah Islamiyah menyampaikan bahwa para dai dan daiyah yang dikirim tahun ini memiliki tujuan mulia: memberikan pencerahan dan mengajarkan Al-Qur’an di berbagai penjuru negeri.

“Alhamdulillah tahun ini kita akan mengutus dai dan daiyah kita ke penjuru negeri yang STIBA Makkassar angkatan ke-18, Tadribut Du’at yang diangkatan ke-20, dan Tadribut Daiyah di angkatan ke-11, sudah lebih dari 1000 alumni yang sudah menyebar di seluruh negeri. Tentu sebuah kesyukuran kepada Allah, dai-dai kita setiap tahun bisa kita sebarkan ke pelosok nusantara, yang tentunya membawa misi dakwah kita untuk mengajarkan Al-Qur’an dan memberikan pencerahan di tengah-tengah umat kita,” katanya saat memberikan sambutan, Ahad (27 Agustus 2023).

Ustaz Syaibani juga tak lupa menyampaikan rasa terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam kesuksesan pengiriman para dai dan daiyah ini.

“Kami dari  Dewan Pengurus Pusat Wahdah Islamiyah mengucapkan banyak terima kasih, kepada semua pihak yang terus aktif berkontribusi dan membantu seluruh kegiatan Wahdah Islamiyah, yang secara khusus pengiriman Dai yang sampai hari ini telah banyak kita rasakan manfaatnya, dengan pelaksanaan dakwahnya ditempat tugas masing-masing. Semoga Allah membalas segala kebaikan dan kontribusi yang telah kita kerjakan,” terangnya.

Ustaz Syaibani berharap bahwa para dai yang dilepas hari ini dapat menjalankan tugas dengan baik dan diberikan kekuatan oleh Allah untuk terus memberikan manfaat kepada umat.

“Semoga dai-dai kita yang dilepas hari ini bisa bertugas dengan baik, mudah-mudahan diberikan kekuatan oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala untuk terus bisa bertugas dalam memberi manfaat bagi umat,” tambahnya.

Pemimpin Umum Wahdah Islamiyah, Dr. K.H. Muhammad Zaitun Rasmin, Lc., M.A. dalam pidatonya, memberikan pesan khusus kepada para dai dan daiyah alumni STIBA Makassar, Tadrib Ad-Du’at, serta yang akan ditempatkan di berbagai penjuru negeri, mulai dari Papua, NTT, Sulawesi, Sumatera hingga Aceh dan Kalimantan. Ia mengingatkan mereka untuk menjadi solusi dan sumber inspirasi bagi umat, dengan tujuan memperkuat kesatuan umat Islam dan seluruh umat manusia, sesuai dengan ajaran Islam yang mulia.

“Dakwah akan selalu menjadi pilihan utama dan yang terpenting di dalam penegakan Islam. Dakwah itulah tulang punggung Islam. Kalau dakwah jalan, Islam akan tegak. Dakwah adalah jalan kemuliaan umat dan bangsa. Sangat jelas, dari seluruh upaya kita untuk membangun bangsa dan negara ini, membangun umat kita, dakwah adalah salah satu jalan utamanya,” ujarnya.

Ustaz Zaitun Rasmin juga mengajak kaum Muslimin untuk turut serta dalam memelihara kemuliaan umat dan bangsa ini melalui dukungan finansial bagi dakwah. Ia menegaskan, “Dalam kesempatan hari yang berbahagia ini, kita mengahadiri pelepasan para dai dan daiyah, mereka yang merupakan para pewaris nabi, pelanjut-pelanjut tugas nabi dan rasul. Mari kita bertekad memberikan dukungan kepada mereka, agar tugas mereka sukses, agar cita-cita perjuangan kita dapat terwujud sebagai mana harapan kita selama ini. Bagi mereka yang memberi dukungan kepada para pejuang ini, sesungguhnya mereka juga adalah pejuang. ‘siapa yang menyiapkan seorang pejuang, maka dia juga adalah pejuang’,” tegasnya.

Kaum Muslimin, mari menjadi generasi yang menjaga kemuliaan umat dan bangsa dengan menyisihkan sebagian harta kita untuk dakwah. Dengan memberikan donasi melalui tautan berikut ini https://donasi.wiz.or.id/tdn kita telah turut serta dalam perjuangan dakwah untuk seluruh penjuru nusantara yang diberkahi.

Laporan: Pusmedikom DPP Wahdah Islamiyah

Loading