(STIBA.ac.id) Purwokerto –  Tiga dosen pengajar Sekolah Tinggi Ilmu Islam dan Bahasa Arab (STIBA) Makassar mendapat kesempatan mengikuti Kegiatan Short Course dalam upaya memperkaya kualitas pembelajaran. Short Course tersebut adalah Peningkatan Kompetensi Dosen Pemula (PKDP) yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Islam (Dirjen Pendis) Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI), bekerja sama dengan Perguruan Tinggi Penyelenggara (PTP) Universitas Islam Negeri Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto (UIN SAIZU).

Dosen-dosen STIBA Makasar yang beruntung mendapatkan undangan untuk mengikuti kegiatan ini adalah Muhammad Ikhsan, Lc., M.Si, Ph.D., Iskandar, S.T.P., M.Si., dan Hendra Wijaya, Lc., M.H. Mereka mendalami beragam materi selama enam hari berturut-turut, dimulai dari tanggal 22 Agustus hingga Ahad 28 Agustus 2023. Dalam rentang waktu ini, mereka telah menghabiskan total 48 jam. Kegiatan selanjutnya akan diselenggarakan secara daring selama dua tahapan yaitu On the Job Course (OJC) selama 140 jam pelajaran, dan In Service Course-2 berdurasi 12 jam.

UIN SAIZU Purwokerto, sebagai penyelenggara acara ini, melibatkan 18 profesor berpengalaman yang akan memberikan pendampingan kepada para peserta PKDP. Pendampingan ini tidak hanya dilakukan secara tatap muka, tetapi juga melalui platform daring.

PKDP ini bertujuan untuk memperkaya kompetensi pedagogik para dosen serta memberikan wawasan mendalam tentang prospek karir dan jabatan fungsional dalam dunia akademis. Melalui kegiatan ini, para peserta juga akan dijejali dengan nilai-nilai kebangsaan dan esensi moderasi beragama. Tak hanya itu, pelatihan ini adalah langkah penting menuju sertifikasi dosen yang diakui di bawah naungan Kementerian Agama.

Semua peserta memiliki harapan besar bahwa perjalanan ini akan membawa dampak positif bagi perkembangan karir mereka sebagai pencerah ilmu di lingkungan pendidikan Islam.

“Alhamdulillah, di sini, suasana pembelajaran begitu menyenangkan, rileks, dan fokus. Komunikasi dengan pemateri juga berjalan lancar dan santun,” ujar Ustaz Iskandar mengapresiasi pihak penyelenggara.

Ketua STIBA Makassar Ustaz Akhmad Hanafi Dain Yunta, M.A., Ph.D. menyatakan harapannya terkait keikutsertaan para dosen dalam PKDP ini. Menurut kegiatan ini dapat menjadi ajang latihan dan pengembangan yang membawa maslahat bagi STIBA Makassar.

“Mudah-mudahan para dosen kita yang mengikuti PKDP dapat mengambil manfaat yang sebesar-besarnya sekaligus sebagai latihan dan pengembangan yang membawa kemaslahatan bagi institusi, terutama terkait dengan pelaksanaan tridarma perguruan tinggi yang menjadi tugas pokok dan utama setiap setiap dosen. Ke depan insyaallah mudah-mudahan bisa lebih banyak dosen STIBA Makassar yang mengikuti pkdp ini,” ujar Ustaz Akhmad dalam pesan singkatnya.