(STIBA.ac.id) Makassar –  Muhammad Ghozali Akbar (Ahmad) dan Kamil Ramadhan adalah dua pemuda yatim yang telah lama dikenal sebagai sosok yang memiliki kecintaan mendalam terhadap Al-Qur’an. Tak salah jika julukan “Google Al-Qur’an” telah melekat pada mereka, sebagai gambaran betapa luar biasanya hafalan mereka tentang kitab suci umat Islam ini.

Kedua pemenang Hafiz Indonesia 2017 didampingi Ketua Yayasan Wakaf De Muttaqin Pesantren Yatim Tahfiz Al-Qur’an, Buya Ikke Muttaqin serta Ustaz Elan Kurniawan  tersebut menginjakkan kaki di Kampus STIBA Makassar sejak Rabu, 11 Oktober 2023. 

Diketahui Ahmad dan Kamil mampu menghafal 30 Juz Al-Qur’an beserta terjemahnya dalam bahasa Indonesia, Inggris, dan Mandarin.

Terbukti ketika keduanya diuji hafalan Al-Qur’an mereka di Masjid Anas bin Malik usai salat Zuhur, Kamis (12/10/2023). Tes hafalan ini turut disaksikan oleh Ketua Senat Ustaz Muhammad Yusran Anshar, Lc., M.A., Ph.D. dan Ketua STIBA Makassar Ustaz Akhmad Hanafi, Lc., M.A., Ph.D. serta ratusan mahasiswa dan dosen.

Dalam tes hafalan tersebut, Ahmad dan Kamil mampu menjawab pertanyaan dengan cepat, tepat, dan tanpa melihat mushaf. Mereka mampu menyebutkan nama surat, terjemahan Indonesia-Inggris, nomor ayat, halaman, dan urutan baris ayat-ayat Al-Qur’an yang diminta.

Kehadiran Ahmad dan kamil di kampus STIBA Makassar tersebut bukan sekadar memberikan motivasi kepada para mahasiswa untuk lebih bersemangat menghafal Al-Qur’an, tetapi untuk memperdalam bahasa Arab dan ilmu agama hingga kelak bisa menjadi ulama  mumpuni. Mereka bergabung di kelas khusus Perbandingan Mazhab yang dibina langsung Syekh Dr. Muhammad Munqiz.

Reporter: Muh. Akbar

Loading