(STIBA.ac.id) Makassar –  Sekolah Tinggi Ilmu Islam dan Bahasa Arab (STIBA) Makassar menggelar Ujian Tengah Semester (UTS) mulai hari ini, Senin (23/10) hingga Jumat (27/10). Ujian ini diikuti oleh seluruh mahasiswa STIBA Makassar, baik Program Persiapan Bahasa, Prodi Perbandingan Mazhab, Prodi Pendidikan Bahasa Arab, maupun Prodi Hukum Ekonomi Syariah.

Wakil Ketua I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Ustaz Rahmat Badani, Lc., M.A., menyampaikan bahwa ujian tengah semester merupakan salah satu tahapan penting dalam proses pembelajaran di perguruan tinggi. Ujian ini bertujuan untuk mengukur sejauh mana mahasiswa telah menguasai materi yang telah diberikan selama semester berjalan.

“Ujian adalah bagian dari proses pembelajaran, tanpa ujian maka seseorang tidak akan mampu menilai kualitas dirinya sendiri,” kata Ustaz Rahmat.

Karena itu, ia berharap agar mahasiswa menjadikan ujian tengah semester yang sedang berlangsung selama sepekan ini sebagai momen untuk berhenti dan menatap sejenak ke belakang.

“Berhenti dan tatap sejenak ke belakang. Lihat apa saja yang telah kita lalui selama pembelajaran delapan pekan lamanya, guna mengetahui kekurangan yang ada selama ini dan memantapkan pijakan kita di masa yang akan datang,” ujarnya.

Nurhabib Miftahurrazaq, mahasiswa Semester III Prodi Perbandingan Mazhab mengatakan bahwa dirinya telah mempersiapkan diri dengan sungguh-sungguh menyambut ujian ini.

“Saya sudah belajar dengan sungguh-sungguh, meskipun saya tetap sadar bahwa ada kemungkinan saya tidak mendapatkan hasil yang maksimal. Namun, saya akan tetap berusaha untuk yang terbaik dan berharap bisa mendapatkan hasil yang memuaskan.”

“Sebagai penuntut ilmu agama, niat saya belajar tentu karena mengharapkan keridaan Allah. Semoga ilmu yang saya tuntut hari ini bermanfaat bagi diri saya dan orang lain,” ungkap mahasiswa asal Kolaka Sulawesi Tenggara ini lebih lanjut.

UTS kali ini diikuti oleh 1.105 mahasiswa dan 1.199 mahasiswi.

Loading