(STIBA.ac.id) Makassar – Bagian Pemberdayaan Alumni STIBA Makassar dan Ikatan Alumni (IKA) STIBA kembali menggelar bincang santai bersama para alumni. Acara ini diadakan di tengah-tengah padatnya agenda Musyawarah Kerja Nasional Wahdah Islamiyah. Acara Temu Alumni ini berlangsung pada hari Ahad, 26 November 2023, setelah salat Subuh di Masjid Asrama Haji Sudiang.

Dalam pertemuan penuh kesan itu, kehadiran mantan Ketua STIBA Makassar Ustaz Muh. Yusran Anshar, yang sekarang menjabat sebagai Ketua Senat, serta Ketua STIBA Makassar Ustaz Akhmad Hanafi, menjadi penyemangat para alumni. Keduanya turut memberikan kontribusi berharga dalam keberlangsungan pertemuan alumni ini.

Ketua Ikatan Alumni Muhammad bin Yusran memimpin dan membuka jalannya acara. Momentum kebersamaan itu kemudian dilanjutkan dengan tausiah yang disampaikan oleh Ketua STIBA.

Dalam penyampaiannya, Ketua STIBA menekankan peran krusial alumni sebagai salah satu tolok ukur penting dalam pencapaian rencana strategis STIBA ke depan. Alumni dianggap sebagai pilar penting yang memiliki dampak besar dalam membentuk arah dan tujuan institusi.

Lebih dari itu, harapan besar diletakkan pada pundak para alumni untuk menjadi agen perubahan yang mampu mengajak siswa (santri) atau keluarga mereka untuk bergabung di STIBA. Alumni diingatkan bahwa tanggung jawab mereka tidak berhenti saat siswa mereka diterima di STIBA. Sebaliknya, setiap alumni di daerahnya diharapkan menjadi musyrif, membantu STIBA mengawasi dan membimbing mahasiswa yang diutus dari daerah tersebut.

Tidak hanya dari pihak STIBA, pertemuan tersebut juga meminta masukan dari para alumni. Ustaz Syaibani, mengusulkan agar STIBA lebih memfokuskan mahasiswanya pada penguasaan Antang sebagai fokus utama dalam pengaderan. Usulan ini diharapkan tidak hanya memberikan manfaat untuk perkembangan internal STIBA tetapi juga dapat menjadi dukungan untuk program Wahdah Islamiyah.

Ustaz Jumardan melihat potensi besar dari para alumni STIBA yang mampu menjadi ketua DPW WI maupun DPD WI di berbagai wilayah. Ia menargetkan para alumni STIBA dapat menguasai berbagai lapisan masyarakat di Indonesia. Oleh karena itu, ia berharap agar pertemuan seperti ini menjadi rutin dilakukan sebagai motivasi di antara alumni.

Sebagai penutup, Ketua IKA memberikan informasi mengenai program-program IKA yang dirancang untuk meningkatkan kualitas dan kontribusi para alumni di seluruh wilayah. Melalui program-program ini, diharapkan setiap alumni dapat terus berkembang, berkolaborasi, dan memberikan dampak positif bagi masyarakat.

Reporter: Muhammad.bY.

Loading