(STIBA.ac.id) Makassar – Bidang Kesehatan UKM Asrama Putri STIBA Makassar menyelenggarakan Gerakan STIBA Sehat (GSS), pada akhir pekan Sabtu dan Ahad (25-26/11/2023). Acara yang dimeriahkan 767 mahasiswi STIBA Makassar ini diadakan di Aula Aisyah, Kampus Putri STIBA Makassar.
GSS tahun ini mengusung tema “الجمال الداخلي من المسلمة” atau “The Inner Beauty of Muslimah”. Tema ini mencerminkan pentingnya seorang muslimah menjaga kecantikan dari dalam, sesuai dengan nilai-nilai keislaman. GSS juga menawarkan lima jenis layanan kesehatan yang dapat diakses oleh seluruh mahasiswi STIBA Makassar pada hari Ahad.

Wakil Kepala Pusat Pembinaan Karakter 5M dan Kepesantrenan STIBA Makassar, Ustazah Armida, Lc. menyampaikan sambutan dalam kesempatan tersebut. Menurutnya, kehadiran kegiatan ini merupakan wujud nyata dari dedikasi pengurus UKM Asrama Putri dalam memberikan layanan kesehatan kepada para mahasiswi yang tinggal di asrama.

“Melalui acara ini, kita dapat lebih memahami bahwa ada aspek yang membutuhkan perhatian khusus, yaitu kecantikan dari dalam diri seorang muslimah, yang jauh lebih berharga daripada kecantikan fisiknya,” ujar Ustazah Armida.
Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa keindahan fisik adalah anugerah dari Allah yang perlu dijaga, namun lebih dari itu, kecantikan dalam diri seorang muslimah, yaitu ketakwaan, menjadi hal yang lebih esensial untuk dijaga.
Sesi berlanjut dengan pemaparan materi yang tak kalah menarik, dipaparkan oleh dr. Isna Tirtawati, S.Ked., seorang alumni Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin Makassar, serta alumni Dry Workshop Indonesian AntiAging Conference 2023.

Dr. Isna membahas dengan mendalam tentang bagaimana seorang muslimah dapat memancarkan kecantikan batiniah (inner beauty). Cara merawat outer beauty tak luput dari pembahasan dalam seminar kali ini. Materi seminar kali ini juga mencakup penjelasan mengenai tanda-tanda penuaan dini dan tips merawat kulit dengan benar.

Menurutnya, kecantikan wanita memiliki dua dimensi, yaitu kecantikan lahir dan kecantikan batin. Kecantikan lahir mencakup kesempurnaan fisik yang dapat dilihat secara nyata. Wanita yang memiliki kecantikan lahir tidak hanya menarik secara fisik, tetapi juga memiliki tutur kata yang baik, yang membuat mata senang memandang, telinga nyaman mendengar, hati terbuka, dan dada terasa lapang.

“Sehatmu adalah untuk menikmati ibadah, cantik menawan untuk merawat cintamu. Muslimah pejuang peraih berkah, hidup tenang di atas ilmu,” ungkapnya di akhir materi.

Di akhir sesi pemaparan materi, digelar sesi tanya jawab dengan partisipasi antusias dari para mahasiswi STIBA Makassar. Pertanyaan-pertanyaan yang diajukan tidak hanya berkisar pada konsep inner beauty seorang muslimah, tetapi juga mencakup bagaimana cara memancarkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Tidak hanya itu, beberapa mahasiswi juga tertarik untuk mengetahui tips dan trik dalam merawat diri, terutama perawatan wajah guna mencapai outer beauty yang indah dipandang mata.

Pada hari Ahad, kegiatan dilanjutkan dengan pelayanan kesehatan yang diselenggarakan khusus untuk beberapa mahasiswi yang telah mendaftar sebagai peserta pelayanan. Ragam layanan yang tersedia meliputi konsultasi kesehatan, bimbingan konseling oleh ahli psikologi, scalling gigi, bekam, dan yumeiho. Tim medis profesional yang ahli di bidang masing-masing menangani setiap peserta yang membutuhkan pelayanan.

Jumlah peserta yang mengikuti pelayanan kesehatan mencapai 182 orang, dengan pembagian sebagai berikut:

  1. Konsultasi Kesehatan: 52 orang
  2. Konseling: 18 orang
  3. Scalling Gigi: 36 orang
  4. Bekam: 50 orang
  5. Yumeiho: 26 orang

Reporter: Tim Media dan Pers Putri

Loading