(STIBA.ac.id) Makassar – Ustazah Andi Dahmayanti, S.Si., M.Si. menjadi narasumber dalam kegiatan Pembekalan dan Penyuluhan Keamanan untuk seluruh mahasiswi penghuni asrama, Rabu, (29/11/2023). Dalam paparannya, ia menyampaikan pentingnya menghadirkan perasaan iklas dalam aktivitas setiap individu. Menurutnya, orang ikhlas tidak akan merasa kecewa dalam aktivitas sehari-harinya, baik dalam beribadah maupun melaksanakan kegiatan di asrama, karena motivasinya bukanlah mencari pujian dari orang lain, melainkan keridaan Allah.

“Kualitas ikhlas memudahkan kita untuk dengan mudah mematuhi peraturan yang telah ditetapkan oleh asrama, sehingga menciptakan kehidupan yang damai dalam kebersamaan. Dalam hal ini, memahami ciri-ciri ikhlas dan faktor-faktor yang dapat merusaknya menjadi hal yang sangat penting,” ujar Wakil Waka III Bidang Kerja Sama dan Alumni tersebut.

Ustazah yang akrab disapa Ummu Fauzan tersebut kemudian menjelaskan ciri-ciri ikhlas, di antaranya keikhlasan itu hadir saat seseorang merasa marah atau mencintai karena Allah, mengakui kekurangan diri, menunjukkan ikhlas ketika cenderung menyembunyikan amal kebajikan, dan menjaga ikhlas saat berada dalam posisi kepemimpinan.

Ia juga menyampaikan beberapa penyebab rusaknya ikhlas, seperti riya (melakukan amal kebaikan bukan karena niat ibadah kepada Allah), ujub (mengagumi diri sendiri), dan sumah (menceritakan kelebihan atau kehebatan diri sendiri kepada orang lain agar mendapat simpati).

Di akhir materi, Ustazah menghimbau kepada para mahasiswi agar bersama-sama menghidupkan dan mematuhi peraturan yang telah ditetapkan oleh asrama. Ia juga mengajak untuk bersama-sama beramal makruf nahi munkar, sebagaimana hadis Rasulullah ﷺ,
“Barang siapa di antara kalian melihat kemungkaran, ubahlah dengan tangannya. Jika tidak bisa, ubahlah dengan lisannya. Jika tidak bisa, ingkarilah dengan hatinya, dan itu merupakan selemah-lemahnya iman.” [HR. Muslim, no. 49].

Kegiatan ini berlangsung dari pukul 19:45-22:43 Wita dan dilaksanakan di Aula Aisyah. Penyuluhan Keamanan merupakan program kerja dari Bagian Keamanan UKM Asrama Putri TIBA Makassar. Tugas utama dari bagian ini adalah memberikan pembekalan dalam menjaga keamanan, pemahaman tentang peraturan asrama, dan peraturan umum.

Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada mahasiswi penghuni asrama tentang pentingnya menjaga lingkungan yang aman dengan mematuhi aturan yang ada serta ikhlas menerima peraturan yang sudah ditetapkan untuk menciptakan kehidupan yang damai dalam berasrama.

Reporter: Tim Media dan Pers Putri

Loading