(STIBA.ac.id) Makassar – UKM Raudhatul Huffaazh Putra STIBA Makassar menyelenggarakan Daurah 10 Hari Menghafal dan Murajaah Al-Qur’an Jilid X dengan tema “تنال العزة والسعادة، بالقرآن الكريم” (Dengan Al-Qur’an, Kita Raih Kemuliaan dan Kebahagiaan).

Daurah ini dimulai pada hari Selasa, 20 Jumadil Akhir 1445 H (02/01/2024) dan berlangsung selama 10 hari, yaitu 20-29 Jumadil Akhir 1445 H (02-11/01/2024), diadakan di Masjid Anas bin Malik STIBA Makassar.

Pembukaan acara diawali dengan sambutan dari Ketua Panitia, Asnadi, serta sambutan dari Ketua STIBA Makassar, Ustaz Akhmad Hanafi Dain Yunta, Lc., M.A., Ph.D. Acara dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh Ustaz Arfan Arifuddin, S.S., M.Ag.

Dalam sambutannya, Ustaz Akhmad Hanafi Dain Yunta menyampaikan bahwa menghafal Al-Qur’an adalah salah satu jalan untuk meraih kemuliaan.

“Menghafal al-Qur’an merupakan cara untuk memuliakan diri kita dengan al-Qur’an, dan hal ini sejalan dengan tujuan al-Qur’an yang diturunkan untuk ditadabburi dan diamalkan,” ungkapnya.

Ustaz Arfan Arifuddin, sebagai pemateri, meminta para peserta agar tidak menganggap hafalan al-Qur’an sebagai tujuan akhir. Menurutnya, menghafal al-Qur’an merupakan langkah pertama, dan untuk menghindari kesan hafalan yang kosong, diperlukan integrasi tadabbur dengan hafalan, karena tadabbur adalah tujuan al-Qur’an.

“Meskipun banyak yang ingin menghafal di kalangan umat Muslim, hanya sedikit yang benar-benar melakukannya. Bahkan di antara yang berhasil menghafal, lebih sedikit lagi yang ingin melakukan murajaah,” ujar mahasiswa Program Kaderisasi Ulama (PKU) STIBA Makassar tersebut.

Sebagai penutup, Ustaz Arfan menyatakan harapannya agar ilmu yang sedikit tersebut bisa menjadi modal yang diberkahi oleh Allah.

UKM Raudhatul Huffazh Putri Adakan Kegiatan Serupa

Kegiatan Daurah 10 Hari Menghafal Al-Qur’an juga diadakan oleh UKM Raudhatul Huffazh Putri STIBA Makassar. Mereka membuka acara pada 20 Jumadilakhir 1445 H (02/01/2024) di Baitul Qur’an (Halaqah Water), Makassar, dengan tema “تنال العزة والسعادة بالقرآن الكريم” (Dengan Al-Qur’an Kita Raih Kemuliaan dan Kebahagiaan). Acara ini merupakan proker Bidang Hafalan dan diikuti sebanyak 32 orang panitia dan 40 peserta.

Sambutan ketua panitia disampaikan oleh Nuralisa dan Wakil Ketua Pusat Pembinaan Al-Qur’an dan Bahasa Arab STIBA Makassar, Ustazah Armida. Harapan utama dari terselenggaranya kegiatan ini adalah memperkuat hafalan peserta. Ustazah Munira, Dosen STIBA Makassar, membahas tema acara, ia menekankan pentingnya waktu khusus untuk menghafal al-Qur’an.

Reporter: Nuralisa dan Aisyah Darwis

Reporter: Azyad Khairi, Nuralisa, Aisyah Darwis

Loading