(STIBA.ac.id) Makassar –  Membaca Al-Quran semakin jarang dijumpai di kalangan generasi sekarang, bahkan mereka sering melewatkan kesempatan dalam sehari untuk membaca Al-Qur’an. Namun, sebuah gerakan baru yang diberi nama #BacaQi’ (Baca Qur’an Ki’) tengah digagas oleh mahasiswa STIBA Makassar bekerja sama dengan Komunitas Berbagi Ilmu untuk mengubah situasi ini.

Gerakan ini bertujuan untuk menginspirasi pemuda dan pemudi, terutama siswa dan mahasiswa untuk membaca Al-Quran setiap harinya. Kegiatan ini bersifat berkelanjutan dan hanya ditujukan kepada para generasi muda.

Pada tanggal 8 Januari, kegiatan ini telah diadakan secara online dan diikuti oleh 12 peserta dari berbagai sekolah dan perguruan tinggi. Peserta diminta untuk membaca Al-Qur’an sesuai dengan kemampuan mereka dalam sehari, dan kemudian melaporkan hasil bacaannya ke dalam grup sebagai bentuk pengontrolan dan tanda telah membaca Al-Qur’an.

Dalam penjelasannya, Fitra Ramadhan, mahasiswa semester VI di STIBA Makassar dan pendiri Berbagi Ilmu, mengungkapkan rasa syukurnya atas terlesenggaranya kegiatan ini.

“Alhamdulillah, dengan terselenggaranya kegiatan #BacaQi’, kami berharap dapat membantu para generasi muda untuk lebih memperhatikan Al-Qur’an dan membiasakan diri dengan membacanya. Kami mengadakan kegiatan ini karena melihat bahwa banyak siswa dan mahasiswa yang jarang membaca Al-Qur’an. Semoga inisiatif ini dapat menjadi amal jariah kita.”

“Setiap hari, kami mengirimkan motivasi kepada para peserta untuk menjaga semangat dan konsistensi mereka dalam membaca Al-Qur’an,” sambung Fitra.

Kegiatan ini membuka pendaftaran peserta baru setiap bulannya, dan peserta yang telah mengikuti kegiatan pada bulan sebelumnya berhak untuk berpartisipasi kembali pada bulan berikutnya atau memilih untuk tidak mengikuti kegiatan tersebut.

Reporter: Dimas Setya Aji Febrianto

Loading