(STIBA.ac.id) Makassar –  Menulis adalah sebuah keterampilan khusus bagi mahasiswa, dan tidak semua orang mampu menulis dengan benar. Oleh karena itu, UKM Keilmuan dan Penalaran Ilmiah (Kalam) mengadakan Workshop Kepenulisan secara daring (melalui Google Meet) pada Senin, 15 Januari 2024, dengan tema “Seputar Dasar-Dasar Kepenulisan”. Kegiatan ini digelar dalam rangka meningkatkan kualitas kemampuan menulis para pengurus UKM Kalam.

Pelatihan ini menarik karena dipresentasikan oleh Muh. Fadhil Abdillah Imran, seorang mahasiswa di Universitas Islam Madinah, Saudi Arabia, yang juga seorang penulis. Acara dipandu oleh Muhammad Farhan, mahasiswa semester VI Prodi Perbandingan Mahdzab STIBA Makassar, yang juga menjabat sebagai Ketua Umum UKM Kalam.

“UKM Kalam mengambil esensi dari namanya, yaitu “Keilmuan dan Penalaran”. Oleh karena itu, menulis dianggap sebagai senjata yang sangat mematikan. Mengapa demikian? Karena satu peluru bisa merenggut satu nyawa, sementara satu tulisan memiliki potensi untuk menghilangkan ratusan hingga ribuan kepala,” ujar Muh. Fadhil dalam sambutan pembukaan kegiatan ini.

Selain itu, trik dan tips dalam menulis, seperti konsep Strong Why yang artinya adalah niat dan langkah awal dalam menulis, sangat ditekankan. “Jangan memulai menulis sebelum kita menemukan alasan terkuat dari menulis itu sendiri,” tegas Fadil dalam menjelaskan makna Strong Why.

Kegiatan ini terdiri dari empat sesi pertemuan, di mana setiap sesi  Fadhil mengajak para peserta untuk mengerjakan latihan (challenge) yang telah disediakan agar pelatihan ini tidak hanya berfokus pada materi tanpa adanya latihan. Fadhil juga tidak memberitahu apa yang akan dilakukan dalam pertemuan selanjutnya, sehingga para peserta dapat mempersiapkan diri terlebih dahulu.

“Saya tidak memberitahu apa-apa tentang pertemuan berikutnya agar pada pertemuan selanjutnya kita dapat merasakan pengalaman yang berbeda,” ujar Fadhil.

Sebelum berakhirnya pertemuan pertama, Fadhil memberikan tiga kata kunci yang dapat mendukung semangat dalam menulis, yaitu “Proses, Motivasi Terkuat, dan Ikrar Diri.”

Ia juga mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan kepadanya untuk menjadi narasumber acara yang fantastis tersebut, meskipun berlangsung dalam waktu dan negara yang berbeda.

Reporter: Fitra Ramadhan

Loading