(STIBA.ac.id) Morowali – Dalam rangka memanfaatkan liburan, mahasiswi STIBA Makassar bersama Kemuslimahan Forum Ukhuwah Mahasiswa Islam Banggai Morowali (FUMIBA) menggelar kegiatan Gerakan Menutup Aurat (Gemar) yang berlangsung di pulau Kaleroang, Kecamatan Bungku Selatan, Kabupaten Morowali. Kegiatan ini juga menjadi bagian dari Daurah SKD MWC Bungku Selatan dengan tema “Jilbab, Mahkota Kecantikan Muslimah.”

Acara ini dilaksanakan di Aula Desa Kaleroang, Kecamatan Bungku Selatan, pada Jumat, 09 Rajab 1445 H (21/01/2024 M). Departemen Dakwah Kemuslimahan Fumiba mengadakan kegiatan Gemar yang bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang pentingnya menutup aurat sesuai syariat Islam. Selain pemaparan materi, acara ini juga mencakup penyaluran pakaian muslimah kepada 40 peserta.

Acara ini dihadiri oleh 70 peserta, terdiri dari 40 peserta Gemar dan 30 peserta Daurah SKD. Selain menjadi ajang pengaderan dan pengaktifan kader yang pasif, kegiatan ini juga diharapkan dapat membentuk muslimah yang kafah.

Kemuslimahan Fumiba adalah forum mahasiswa Islam yang dibentuk oleh mahasiswi STIBA Makassar dan dibina oleh empat alumni STIBA Makassar, yaitu Ustazah Sartika Yasani, S.H., Ustazah Silvia Nirwana, S.H., Ustazah Rahayu M Mariadjang, S.H., dan Ustazah Natasha Risqi Arifah, S.H. Forum ini berada di bawah naungan DPD Wahdah Islamiyah Kabupaten Banggai.

Kemuslimahan FUMIBA bekerja sama dengan pengurus MWC Bungku Selatan dan disponsori oleh Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Wahid Kaleroang dalam upaya memberikan pemahaman kepada masyarakat mengenai pentingnya menutup aurat dan melaksanakan amanah dakwah Islam di lingkungan luar pesantren.

Ketua Panitia, Farihah Izzatul Jannah, yang juga mahasiswi STIBA Makassar, dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada pengurus MWC Bungku Selatan dan Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Wahid Kaleroang atas kerja sama dan dukungannya dalam kegiatan Gemar. Ia juga mengingatkan peserta pentingnya menutup aurat sesuai syariat Islam.

Ibu Nurlaela, selaku Kepala Desa Kaleroang, turut hadir dalam acara ini dan membuka secara resmi kegiatan Gemar. Ia mengapresiasi kegiatan ini dan menyatakan bahwa ilmu yang disampaikan dalam acara tersebut bisa menjadi landasan bagi para muslimah remaja dalam menjalani pendidikan di kota besar yang sangat dipengaruhi oleh perkembangan zaman.

Ketua MWC Bungku Selatan, Ustazah Umi Kalsum S.Pd.I., sebagai pemateri dalam kegiatan Gemar, memberikan pemahaman tentang pentingnya menutup aurat sesuai syariat Islam. Ia juga menekankan pentingnya ketaatan pada Allah dan menutup aurat sebagai bentuk ketaatan.

Dalam sesi akhir materi, Ustazah Umi Kalsum langsung memakaikan jilbab syar’i kepada salah satu peserta, yang menjadi momen yang sangat mengharukan. Hal ini diharapkan dapat memotivasi peserta untuk menutup aurat secara syar’i.

Selama acara berlangsung, Kemuslimahan FUMIBA memberikan apresiasi kepada peserta yang aktif dengan memberikan bingkisan. Di akhir acara, panitia juga membagikan pakaian kepada seluruh peserta dan merencanakan untuk melanjutkan dengan kegiatan halakah sebagai tindak lanjut dari acara ini.

Ustazah Sitti Barung S.S., Koordinator Bidang Kaderisasi MWD Morowali, mengucapkan terima kasih kepada Ketua MWC Bungku Selatan dan seluruh panitia atas terselenggaranya kegiatan ini. Dia juga memberikan motivasi kepada peserta untuk terus menuntut ilmu dan mempererat silaturahim dalam upaya untuk istikamah dalam menutup aurat.

Reporter: Farihah Izzatul Jannah

Loading