(STIBA.ac.id) Perlis – Ketua Senat STIBA Makassar Ustaz Muhammad Yusran Anshar, Lc., M.A., Ph.D. menghadiri undangan Majlis Agama Islam dan Adat Istiadat Melayu Perlis (MAIPs) untuk mengikuti Majelis Ilmuan Nusantara (MIN) di Perlis, Malaysia pada 16-17 Februari 2024. Selain Ustaz Yusran, salah seorang dosen tetap STIBA Makassar, Ustaz Dr. Rahmat Abdurrahman, Lc., M.A. turut hadir dalam kegiatan tersebut sebagai Ketua Harian Wahdah Islamiyah.

Konferensi tingkat regional Asia Tenggara merupakan yang pertama kali digelar. Majelis Imuan Nusantara 2024 yang berlangsung hingga 18 Februari 2024 ini diselenggarakan oleh Departemen Mufti Negara Perlis bersama Majelis Agama Islam dan Adat Melayu Perlis (MAIPs) dan Perguruan Tinggi Universitas Islam Perlis (KUIPs) dalam upaya mempererat kerja sama untuk kepentingan dakwah di Asia Tenggara.

Dalam rangkaian acara yang memfokuskan pembahasan pada isu keumatan dengan mengusung tema utama “Manhaj Ahlus Sunnah Asas Penyatuan Ummah,” dua subtema turut menjadi fokus utama, yakni “Sikap Terhadap Keberagaman Ahlusunah dari Segi Kepercayaan” dan “Pendirian Terhadap Keberagaman Ahlusunah dalam Perkara Tazkiyyah Al-Nafs.”

Menurut Ustaz Yusran Anshar, dari total 28 peserta resmi yang berasal dari lima negara ASEAN, Indonesia memiliki jumlah terbanyak, yakni 11 orang. Mereka merupakan perwakilan dari organisasi-organisasi ahlusunah waljamaah, seperti Muhammadiyah, Wahdah Islamiyah, Hidayatullah, Persis, dan lembaga lainnya. Dari perwakilan kampus, selain Ustaz Yusran yang mewakili STIBA Makassar, juga hadir Rektor Universitas Muhammadiah Riau dan perwakilan dari Universitas Ibnu Khaldun Bogor.

Berikut daftar lengkap peserta perwakilan Indonesia:

Baca juga:
Pendaftaran Mahasiswa Baru STIBA Makassar Sudah Dibuka, Panitia Spill Syarat-Syaratnya: Berani Baca?

  1. Dr. H. Nashirul Haq Marling, M.A. Ketua Umum Hidayatullah Indonesia.
  2. K.H. Dr. Muhammad Zaitun Rasmin, Lc., M.A., Ketua Umum Wahdah Islamiyah.
  3. Dr. K.H. Jeje Zaenudin, M.Ag. Ketua Umum Pimpinan Pusat Persatuan Islam (PERSIS).
  4. Prof. Dr. H. Syamsul Anwar, MA. Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah bidang Ketarjihan.
  5. Ustaz Muhammad Yusran Anshar, Lc., M.A., Ph.D. Sekolah Tinggi Ilmu Islam dan Bahasa Arab (STIBA) Makassar.
  6. Dr. H. Rahmat Abdul Rahman, Lc., Μ.Α. Ketua Harian Dewan Pengurus Pusat Wahdah Islamiyyah.
  7. Ustaz Fahmi Salim, M.A. Direktor al-Fahmu Institut Pusat Dakwah Al-Quran.
  8. Ustaz Ridwan Hamidi, Lc., M.Pd. Yayasan Gerakan Penegakan Shalat.
  9. Dr. H. Saidul Amin, M.A. Rektor Universitas Muhammadiyah Riau.
  10. H. Nirwan Syafrin, Ph.D. Dosen Sekolah Pascasarjana Universitas Ibn Khaldun Bogor
  11. Dr. Yuslim, M.M. Pengurus Majelis Wakaf Muhammadiyah Riau.

Dalam sambutan saat menutup secara resmi Konferensi MIN Pertama 2024, Raja Muda Perlis, Tuanku Syed Faizuddin Putra Jamalullail mengatakan bahwa para ilmuwan perlu merumuskan strategi melalui perencanaan yang terorganisir dan efektif untuk menjamin keberhasilan dan keberlangsungan kerja dakwah yang dilakukan.

“Perlis menyambut baik segala bentuk penyelenggaraan program peningkatan kualitas ilmu pengetahuan dan intelektualitas umat Islam. Kami siap membuka ruang seluas-luasnya bagi para ulama dan ilmuwan untuk berdiskusi dalam menghasilkan resolusi yang membawa kebaikan dan keberkahan bagi umat Islam,” pungkasnya.

Loading