(STIBA.ac.id) Makassar – Pembukaan Pembekalan Kuliah Kerja Nyata (KKN) VII Sekolah Tinggi Ilmu Islam dan Bahasa Arab (STIBA) Makassar serta Calon Dai Pengabdian DPP Wahdah Islamiyah digelar pada Senin, 26 Februari 2024. Pembekalan ini direncanakan akan berlangsung hingga Sabtu, 4 Maret 2024.

Dalam rangka pembekalan KKN tersebut, Syekh Dr. Salim Abdullah As-Assufyani dihadirkan sebagai salah satu narasumber dan membawakan materi Bekal dan Sifat Dai serta Metode Dakwah, pada Senin, 26 Februari 2024. Masih di hari pertama pembekalan ini, peserta KKN juga mendapatkan materi tentang Filosofi KKN dari Ustaz Rahmat Badani, Lc., M.A. dan materi Menyusun Program Kerja dan Format Laporan Akhir oleh Ustaz Dr. Khaerul Aqbar, M.E.I. Acara ini berlangsung di Lantai 2, Masjid Anas bin Malik Kampus STIBA Makassar, dengan partisipasi sebanyak 289 mahasiswa peserta program KKN.

Rangkaian kegiatan pada momen pembukaan ini, mencakup Pembacaan Al-Qur’an, serta sambutan dari Wakil Ketua Panitia KKN, Ustaz Irsyad Rafi, Lc., M.H., yang membuka acara, serta sambutan dari Ketua Departemen Urusan Wilayah dan Daerah DPP Wahdah Islamiyah, Ustaz Akino Iskandar, S.Si.

Dalam sambutannya, Ustaz Irsyad Rafi, Lc., M.H., mengimbau peserta pembekalan agar menggunakan momentum KKN dengan baik.

Baca juga: Pendaftaran Mahasiswa Baru STIBA Makassar Sudah Dibuka, Panitia Spill Syarat-Syaratnya: Berani Baca?

“Dalam dua bulan mendatang kita akan berfokus pada pelaksanaan program-program yang telah direncanakan di desa masing-masing,” ujarnya.

Dia juga menekankan pentingnya menyelesaikan berbagai agenda wajib di akhir semester.

Sementara itu, Ustaz Akino Iskandar, S.Si., mengajak peserta untuk menjadi agen perubahan yang aktif dalam melaksanakan KKN.

“Mahasiswa dikenal sebagai agen perubahan dan perbaikan, sebuah tanggung jawab yang sejalan dengan seruan dan perintah dari Rabb kita. Oleh karena itu, sangat diharapkan bagi kita untuk menjadi pelopor dan agen perubahan di lingkungan sekitar. Penting untuk mengukur diri kita di hari pertama KKN, dengan pertanyaan, “Apakah ada perubahan di tempat KKN kita selama kehadiran kita?,” pungkasnya.

Reporter: Muh. Akbar

Loading