(STIBA.ac.id)  Maros – Masjid Jami’ An-Naim Yonarhanud menjadi tempat penyelenggaraan kegiatan Tahsinul Qira’ah yang diikuti oleh 200 personel TNI dari berbagai kesatuan, Rabu (13/03/2024), di bulan suci Ramadan. Para peserta antusias mengikuti kegiatan ini untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an mereka.

Kegiatan yang diprakarsai oleh para mahasiswa KKN STIBA Makassar ini tidak hanya bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an para prajurit, tetapi juga menjadi ajang silaturahmi dan mempererat kerja sama antara mahasiswa STIBA dan aparat pertahanan.

Yandri F. Daulay selaku Koordinator Mahasiswa KKN di Desa Sudirman melibatkan 11 anggotanya yang berposko di desa tersebut.

Kegiatan Tahsinul Qira’ah diawali dengan pengecekan dan klasifikasi kemampuan membaca Al-Qur’an para prajurit selama tiga hari. Selanjutnya, para mahasiswa memberikan pengajaran tahsin kepada para prajurit yang dikelompokkan berdasarkan kemampuannya. Kegiatan ini diagendakan berlangsung selama bulan Ramadan.

Mayor Arh Edwin Hermawan, S.H., M.A.P., Komandan Batalyon Arhanud 16/SBC/3 Kostrad, mengapresiasi kegiatan Tahsinul Qira’ah yang melibatkan mahasiswa KKN STIBA Makassar. Ia menyatakan kegiatan ini merupakan yang pertama kali melibatkan mahasiswa untuk membentuk jiwa tentara yang pandai membaca Al-Qur’an.

Kerja sama antara pihak militer dan dai ini diharapkan dapat menjadi contoh bagi kegiatan serupa di masa depan, serta lebih memperkuat kualitas keagamaan para anggota tentara.

Reporter: Abdullah Alfaruq

Loading