(STIBA.ac.id) Makassar – Bulan suci Ramadhan menjadi momen istimewa bagi umat Muslim di seluruh dunia, termasuk di Makassar, kota yang dikenal cukup kental dengan nilai-nilai agama. Dalam upaya mengamalkan ilmu yang telah mereka dapatkan, 135 mahasiswa dari Sekolah Tinggi Ilmu Islam dan Bahasa Arab (STIBA) Makassar dipilih untuk menjadi imam salat Tarawih di beberapa masjid di Makassar dan daerah sekitarnya, seperti Gowa dan Maros.

Partisipasi besar-besaran mahasiswa STIBA Makassar sebagai imam Tarawih merupakan bukti dari semangat kebersamaan dan komitmen dalam menjalankan ibadah di bulan suci Ramadan. Setiap malam, mahasiswa secara bergantian menjadi imam untuk salat Tarawih.

Alfhabean Mahdani, mahasiswa Prodi Perbandingan Mazhab dan Ketua Dema STIBA, mengungkapkan perasaan syukur atas kesempatan untuk mengimami salah satu masjid selama bulan Ramadan.
“Di Masjid Nurul Badar tempat kami ditugaskan sebagai imam, kami belajar untuk memberikan kontribusi dalam pengajaran Al-Qur’an melalui bacaan-bacaan Al-Qur’an saat qiyam tarawih. Kami juga memegang teguh nasihat dari ketua STIBA Makassar untuk memberikan contoh yang baik kepada jemaah,” ujarnya, 19 Ramadan 1445 H (9/4/2024 M).

Kegiatan ini mendapat dukungan penuh dari STIBA Makassar, yang melihatnya sebagai kesempatan untuk memperkuat ikatan sosial di antara mahasiswa dan masyarakat sekitar.

Ustaz Abdullah Yusran, Lc. selaku Kepala Bagian Pembinaan Al-Qur’an menyatakan bahwa kegiatan bukan sekadar ibadah, tetapi juga sebagai bentuk pembelajaran bagi mahasiswa.

“Kegiatan ini bukan hanya tentang ibadah, tetapi juga tentang pembelajaran, pertumbuhan pribadi, dan kebersamaan. Kami bangga dengan kesiapan mahasiswa dalam mengamalkan ilmu di masyarakat,” ujarnya.

Jumlah 135 mahasiswa yang bentindak sebagai imam salat Tarawih ini adalah yang melaporkan diri ke Bagian Pembinaan Al-Qur’an. Sementara jumlah riil di lapangan, khususnya setelah memasuki masa liburan Ramadan, jumlahnya bisa jauh lebih banyak.

Loading