(STIBA.ac.id) Makassar –  Muhammad Ghazali Akbar atau akrab disapa Ahmad dan Kamil Ramadhan yang saat ini menempuh pendidikan di Sekolah Tinggi Ilmu Islam dan Bahasa Arab (STIBA) Makassar, mencatat prestasi dengan berhasil mengambil ijazah sanad riwayat Hafs ‘an ‘Ashim. Proses ini berhasil diselesaikan dalam waktu singkat. Hanya kurang lebih sebulan, di mana penyetoran dilakukan di Masjid Anas bin Malik pada dua waktu, yaitu bakda Subuh dan antara Magrib-Isya.

Ustaz Abdullah Yusran, Lc., Kepala Bagian Pembinaan Al-Qur’an STIBA Makassar yang telah meraih ijazah sanad dalam lima riwayat ini telah lama mendampingi Ahmad dan Kamil dalam proses ini. Ia menyatakan rasa syukurnya atas pencapaian kedua anak didiknya tersebut.

“Ini adalah sebuah kesyukuran ketika masih diberikan kesempatan mendampingi keduanya selama di Kampus STIBA Makassar,” ujarnya.

Menurut Ustaz Abdullah Yusran, kendati memiliki hafalan yang sangat kuat, keduanya tetap konsisten dalam melakukan murajaah minimal lima juz setiap harinya.

Faktor utama kesuksesan Ahmad dan Kamil dalam menyelesaikan proses pengambilan ijazah sanad tersebut dalam waktu singkat adalah modal bacaan dan hafalan mereka yang sangat baik dan kuat. Kesungguhan mereka berdua, di saat kebanyakan teman mereka berlibur, turut berperan dalam keberhasilan ini. Dukungan dari lingkungan belajar, baik dari pengajar di STIBA Makassar maupun dari rekan-rekan sekelas, juga memberikan motivasi yang besar bagi mereka.

Ustaz Abdullah juga turut berperan dalam pembinaan Ahmad dan Kamil, khususnya dalam ilmu Al-Qur’an. Meskipun keduanya sudah memiliki modal sebelumnya, Ustaz Abdullah tetap memberikan dukungan dan motivasi secara personal kepada mereka. Ustaz Abdullah sendiri telah mendapatkan ijazah sanad riwayat Hafsh ‘an Ashim, riwayat Syu’bah ‘an Ashim, riwayat al-Bazzi ‘an Ibn Katsir, riwayat Qunbul ‘an Ibn Katsir, dan riwayat Qalun ‘an Nafi’.

Untuk pengembangan selanjutnya, Ustaz Abdullah merekomendasikan agar keduanya terus belajar, mengingat ilmu Al-Qur’an sangat luas.

“Kami yakin bahwa Ahmad dan Kamil akan mampu lebih mengembangkan ilmu mereka, dan STIBA Makassar selalu mendukung mereka dalam hal tersebut,” pungkas putra sulung Ustaz Muhammad Yusran Anshar, Lc., M.A., Ph.D. tersebut menutup wawancaranya.

Loading