(STIBA.ac.id) Maros – Mahasiswa KKN VII STIBA Makassar menggelar pembukaan Festival Anak Sholeh di Masjid Nurul Amien, Dusun Kassi-Kassi, Desa Toddopulia, Kecamatan Tanralili, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan, dengan tema “Mewujudkan Generasi Rabbani yang Berakhlakul Karimah di Tanah Toddopulia”, pada Senin, 1 April 2024. Acara ini dihadiri oleh Sekretaris Camat Tanralili, H. Abdul Muis, S.Pd., M.M., Kepala Desa Toddopulia, A. Abbas, S.I.Kom., Bhabinkamtibmas Desa Toddopulia, Aipda Nasir, Babinsa Desa Toddopulia, Serda Marzuki, dan Kepala Dusun Kassi-Kassi, Abd. Rasyid.

Pembukaan festival ini secara resmi dilakukan oleh H. Abdul Muis, yang dalam sambutannya mengapresiasi mahasiswa KKN STIBA Makassar atas pelaksanaan kegiatan ini sebagai bentuk pengembangan pendidikan bagi anak-anak. Ia juga memberikan semangat kepada peserta, “Menang atau kalah adalah hal yang biasa, kekalahan hanyalah kemenangan yang tertunda,” katanya.

Dalam sambutan Kepala Desa Toddopulia, A. Abbas S.I.Kom., ia mengucapkan terima kasih kepada mahasiswa KKN STIBA Makassar atas partisipasinya dalam membina anak-anak di Desa Toddopulia.

Festival Anak Saleh diselenggarakan untuk memberikan kesempatan kepada anak-anak untuk meningkatkan kecintaan dan kecakapan dalam agama Islam serta untuk meningkatkan moral dan spiritual mereka. Terdapat enam jenis perlombaan dalam festival ini, termasuk lomba azan, rangking 1, lomba hafalan doa harian, lomba praktik salat, lomba hafalan surah pendek, dan lomba dai/daiyah cilik, yang diikuti oleh puluhan anak dari berbagai dusun di Desa Toddopulia dan berlangsung selama tiga hari berturut-turut.

Pada hari keempat, 4 April 2024, festival resmi ditutup dengan Tablig Akbar dan pengumuman pemenang perlombaan. Acara penutupan dihadiri oleh Kepala Desa Toddopulia, A. Abbas, S.I.Kom., Kepala Dusun Bungung-Bungung, Nurdiansyah, Kepala Dusun Kassi-Kassi, Abd. Rasyid, Kepala Dusun Bontopanno, Muh. Saleh, serta para peserta dan orang tua mereka.

Penutupan resmi acara dilakukan oleh Kepala Desa A. Abbas, yang dalam sambutannya menyampaikan rasa syukur dan terima kasih atas keberhasilan mahasiswa KKN STIBA Makassar dalam membina anak-anak dan menyelenggarakan kegiatan ini. Dengan harapan bahwa semua kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa KKN STIBA Makassar akan memberikan manfaat bagi seluruh masyarakat Desa Toddopulia.

Ustaz Dr. Ronny Mahmuddin, Lc., M.Pd.I., sebagai pemateri Tablig Akbar, membahas tentang pentingnya peran orang tua dalam mendidik anak-anak sesuai dengan tuntunan Al-Qur’an dan sunah. Anak-anak adalah aset berharga yang akan menolong orang tua mereka di akhirat.

Setelah pemaparan materi, dilanjutkan dengan sesi pengumuman pemenang lomba dan pembagian hadiah kepada peserta. Kegiatan ditutup dengan persembahan dari anak-anak TK/TPA Dusun Kassi-Kassi, yang disambut antusias oleh para orang tua, dengan nasyid “Bersama Wahdah Islamiyah” dan “Hafizh Qur’an”, yang berhasil membuat suasana di Masjid Nurul Amien penuh haru, bahkan tak sedikit orang tua yang meneteskan air mata.

Reporter: Nico Akbar dkk.

Loading