(STIBA.ac.id) Maros – Mahasiswa KKN Kelurahan Borong dan Desa Allaere menjalin kolaborasi dalam penyelenggaraan Festival Anak Saleh, sebagai ajang untuk membentuk dan mengembangkan potensi serta bakat anak-anak. Tujuannya adalah mendorong terciptanya generasi muda yang aktif, kreatif, berilmu, berakhlakul karimah, serta bermanfaat tidak hanya bagi orang tua, tetapi juga bagi masyarakat sekitar, agama, dan bangsa.

Kegiatan ini mengusung tema “Kemilau Generasi Islam di Bumi Tanralili” dan dirangkaikan dengan pelaksanaan enam cabang lomba yang diikuti oleh 108 peserta dari kalangan TK/TPA baik Kelurahan Borong maupun Desa Allaere.

Perlombaan ini terdiri dari beberapa kategori, di antaranya Lomba Azan, Lomba Cerdas Cermat Islam, Lomba Hafalan Surah Pendek, Lomba Hafalan Doa Harian, Lomba Pilihan Dai Cilik, dan Lomba Praktik Salat.

Pembukaan Festival Anak Saleh digelar pada Senin, 6 Syawal 1445 H (15/04/2024) di Masjid Nurul Amin, Lingkungan Ammarang, Kelurahan Borong, Kecamatan Tanralili, dan menjadi sorotan masyarakat sekitar dengan menghadirkan peserta yang lebih dari 100 orang.

Acara diawali dengan sambutan dari ketua panitia Festival Anak Saleh, Muhammad Ilham Tahir yang memberikan informasi seputar jalannya acara. Kemudian sambutan oleh Ibu Lurah Kelurahan Borong, Ibu Sunarti, S.E., M.M. dan Bapak Awaluddin selaku perwakilan kepala Desa Allaere. Dalam sambutannya mereka berdua merasa bersyukur dan berterima kasih terhadap mahasiswa KKN STIBA Makassar.

“Kami mengucapkan terima kasih karena telah melaksanakan kegiatan keagamaan. Warga sekitar kantor camat merasa bersyukur dengan kehadiran mahasiswa KKN STIBA Makassar,” ujar Ibu Lurah dalam sambutannya.

Kemudian sambutan keempat dari Ketua Panitia Masjid Nurul Amin, H. A. Syarifuddin, S.E., M.M., dalam sambutannya ia mengapresiasi program kerja yang diadakan oleh mahasiswa KKN STIBA Makassar.

“Kami sangat mengapresiasi mahasiswa KKN STIBA Makassar atas program kerja yang telah dijalani baik sebelum dan sesudah Ramadan. Dan kegiatan Festival Anak Saleh di Masjid adalah kegiatan yang pertama kali dilaksanakan di masjid ini,” ungkapnya.

Dan sambutan terakhir oleh Kepala Kantor Urusan Agama Kecamatan Tanralili, Bapak Saharuddin, S.H.I., M.M. sekaligus membuka acara secara resmi. Ia berharap adanya pembinaan yang berkelanjutan untuk anak-anak yang mengikuti lomba Festival Anak Saleh.

“Kami harap adanya pembinaan berkelanjutan terhadap anak-anak yang ada di Kecamatan Tanralili. Adapun untuk cabang lomba kali ini, lomba praktik salat menjadi cabang lomba yang menarik,” ujarnya.

Acara dilanjutkan dengan technical meeting bersama para peserta lomba untuk memberikan arahan dan persiapan optimal menjelang berlangsungnya rangkaian perlombaan.

Reporter: Annisa Tiara Ramadhani

Dokumentasi: Hisbullah dan Aditya Renaldi

Loading