(STIBA.ac.id) Maros –  Mahasiswa KKN VII STIBA Makassar yang ditempatkan di Desa Toddopulia sukses menggelar kegiatan Pelatihan Penyelenggaraan Jenazah dengan tema “Mengurus Jenazah Sesuai Tuntunan Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam“. Acara yang diselenggarakan pada tanggal 07 Syawal 1445 H (16/04/2024) di Masjid Nurul Amien Dusun Kassi-Kassi Desa Toddopulia ini diikuti oleh 16 peserta, termasuk utusan dari setiap dusun dan peserta umum.

Acara dimulai dengan sambutan dari Kepala Desa Toddopulia, A. Abbas S.I.Kom. Dalam sambutannya, ia menyampaikan rasa terima kasih kepada mahasiswa KKN STIBA Makassar atas kontribusi mereka yang berharga bagi desa. Ia menuturkan bahwa mahasiswa KKN telah banyak memberikan ilmu yang bermanfaat bagi masyarakat, salah satunya melalui program kerja pelatihan penyelenggaraan jenazah.

Ustaz Doddy Priambodo, S.H.I., Ketua Yayasan Pendidikan Wahdah Islamiyah Maros, menyampaikan rasa syukur atas terselenggaranya kegiatan pelatihan ini. Ia mengungkapkan rasa bahagianya karena semakin banyak masyarakat yang antusias mempelajari tata cara penyelenggaraan jenazah sesuai ajaran Islam. Hal ini, menurut alumni STIBA Makassar tersebut, akan sangat membantu tugasnya dalam melayani masyarakat dalam hal penyelenggaraan jenazah.

Setelah sesi pemaparan materi selesai, dilanjutkan dengan sesi praktik yang mendapat perhatian besar dari para peserta, mulai dari mengukur kain hingga proses memandikan dan mengafani jenazah.

Sebagai tindak lanjut dari kegiatan pelatihan, dibentuklah Tim Penyelenggara Jenazah yang merupakan utusan dari beberapa dusun di Desa Toddopulia yang kemudian akan diresmikan oleh Camat Tanralili dalam acara Tablig Akbar 21 April mendatang.

Kegiatan ditutup dengan pengambilan foto bersama sebagai kenangan-kenangan atas partisipasi dalam pelatihan penyelenggaraan jenazah.

Diharapkan hasil dari kegiatan ini dapat memberikan manfaat yang luas bagi masyarakat Desa Toddopulia dan sekitarnya. Dengan semakin banyaknya masyarakat yang memahami tata cara penyelenggaraan jenazah yang benar, diharapkan proses pengurusan jenazah dapat dilakukan dengan lebih baik dan sesuai dengan syariat Islam.

Reporter: Mukhlis

Loading