(STIBA.ac.id) Maros – Mahasiswa KKN Kelurahan Borong dan Desa Allaere menutup Festival Anak Saleh dengan sukses pada Kamis, 9 Syawal 1445 H (18/04/2024). Acara yang berlangsung di Masjid Nurul Amin Lingkungan Ammarang, Kelurahan Borong, Kecamatan Tanralili ini dihadiri lebih dari 200 orang, termasuk tamu undangan, peserta lomba Festival Anak Saleh beserta pembina TK/TPA, orang tua, dan masyarakat umum.

Acara dibuka oleh MC Abdullah Mubarak, dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh Muh. Ilham. Sambutan pertama disampaikan oleh Kepala Urusan Agama, Saharuddin, S.H.I., M.M. Ia mengungkapkan rasa bangga dan apresiasi atas kesuksesan mahasiswa KKN STIBA Makassar dalam menyelenggarakan kegiatan besar ini. Ia menuturkan bahwa 20 tahun lalu saat dirinya mengikuti KKN, mengadakan kegiatan besar seperti ini tidak mudah. Ia juga menyampaikan terima kasih atas dedikasi mahasiswa KKN dalam membina anak-anak di Kelurahan Borong dan Desa Allaere, dan berharap Festival Anak Saleh tahun ini dapat menjadi inspirasi dan tolok ukur bagi terselenggaranya kegiatan serupa di Kecamatan Tanralili.

“Festival Anak Saleh tahun 2024 ini akan jadi referensi untuk Festival Anak Saleh tahun selanjutnya di Kecamatan Tanralili,” ujarnya.

Sambutan kedua sekaligus Taujihat oleh Ustaz Dr. Rustam Koly, Lc., M.A. mewakili Dosen Pembimbing Lapangan Kelurahan Borong dan Desa Allaere. Dalam taujihatnya, ia menjelaskan bahwa mahasiswa KKN STIBA Makassar bagaikan kemilau di bumi Tanralili. Agar generasi kemilau bisa terjaga maka perlunya akhlak yang baik dan harus dijaga oleh generasi di akhir zaman.

“Generasi Islam hidup tapi kurang kemilau, oleh karenanya mahasiswa KKN Makassar datang membawa kemilau Islam. Agar generasi menjadi generasi kemilau, maka generasi akhir zaman harus dijaga. Generasi akan dikatakan kemilau jika dia berakhlak yang baik,” ucap Ustaz Rustam dalam sambutannya.

Selanjutnya, pemutaran video dokumenter kegiatan Festival Anak Saleh, lalu pengumuman pemenang lomba yang telah berlangsung selama tiga hari di Masjid Nurul Amin Kelurahan Borong. Acara ini diikuti oleh 108 peserta dari enam cabang perlombaan, meliputi Lomba Azan, Lomba Hafalan Surah Pendek, Lomba Cerdas Cermat Islam, Lomba Pilihan Dai Cilik, Lomba Praktik Salat, dan Lomba Hafalan Doa Harian.

Acara penutupan juga dimeriahkan dengan persembahan dari perwakilan Santri dan Santriwati TK/TPA Kelurahan Borong dan Desa Allaere yang berhasil menarik perhatian dan haru dari para pembina, orang tua, dan peserta yang hadir.

Sebagai penutup, semua tamu undangan, panitia, dan peserta melakukan sesi foto bersama. Acara penutupan Festival Anak Saleh Kelurahan Borong dan Desa Allaere ditutup dengan sukses dan penuh kebersamaan.

Sejumlah peserta menyampaikan kesan mereka selama mengikuti kegiatan ini, salah satunya adalah Bukhori yang menjadi Juara I untuk dua kategori cabang lomba yaitu lomba Azan dan Hafalan Doa Harian.

“Saya sangat senang mengikuti lomba Festival Anak Saleh karena bisa bertemu banyak teman. Saya sebelumnya selalu mengikuti lomba, tapi lomba yang dibuat oleh kakak KKN STIBA Makassar berbeda dan seru,” tutur Bukhori perwakilan dari TPA Khumairah menyampaikan kesannya.

Reporter: Annisa Tiara Ramadhani

Dokumentasi: Alfin Alfatih Kholison dan Naufal Abdillah

Loading