(STIBA.ac.id) Maros –  Lebih dari 60 anak-anak Desa Sudirman, Kecamatan Tanralili Kabupaten Maros, berkumpul di Masjid Jami’ Al Falah Kostrad pada Jumat-Sabtu, 19-20 April 2024. Semangat mereka beradu dalam Festival Anak Saleh, sebuah acara yang digagas oleh Mahasiswa KKN VII STIBA Makassar dengan tujuan mulia: membina dan mengembangkan cinta terhadap Al-Qur’an di kalangan generasi muda.

Festival ini mengangkat tema “Membangun Generasi Cinta Al-Qur’an di Desa Sudirman”. Berbagai lomba menarik digelar untuk menguji pengetahuan dan keterampilan para peserta dalam berbagai aspek keagamaan. Lima cabang lomba dipertandingkan, yaitu hafalan surat pendek, praktik salat, hafalan doa harian, azan, dan ranking 1.

Semangat para peserta patut diacungi jempol. Mereka berasal dari beragam latar belakang, yaitu TPA Darul Ulum, TPA Masjid Jami’ An-Naim Yon Arhanud, SDN 196 Sudirman, dan SDN Inpres 126 Kariango.

Ketua Panitia sekaligus Koordinator Desa, Yandri F. Daulay, dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada semua pihak yang terlibat dalam kesuksesan Festival Anak Saleh ini. Ia juga menyampaikan harapannya agar melalui festival ini, para peserta dapat menumbuhkan rasa cinta yang lebih dalam terhadap Al-Qur’an.

“Apapun cita-citanya, perlu untuk menjadikan Al-Qur’an sebagai pegangan utama dalam hidup,” ujarnya.

Sambutan kemudian dilanjutkan oleh Kepala Dusun Kariango, Syamsuddin. Ia juga memberikan dukungan penuh terhadap acara ini. Ia berharap agar festival ini tidak hanya menjadi ajang perlombaan semata, tetapi juga menjadi wahana untuk mempererat tali silaturahmi antarwarga dan meningkatkan kesadaran akan pentingnya pendidikan agama dalam membangun karakter generasi muda.

Para pemenang lomba akan diumumkan pada penutupan Festival Anak Saleh yang akan dilaksanakan pada hari Ahad, tanggal 21 April 2024, pada akhir acara kajian spesial.

Reporter: Abdullah Al Faruq

Loading