(STIBA.ac.id) Maros – Suasana ceria mewarnai Tablig Akbar yang diselenggarakan oleh mahasiswa KKN VII STIBA Makassar di Masjid Babuttaubah, Kel. Borong, Kec. Tanralili pada Ahad, 12 Syawal 1445 H (21/04/2024). Acara bertema “Antara Masyarakat dan Mahasiswa dalam Ikatan Kekeluargaan” ini dihadiri tidak kurang 540 orang yang terdiri dari tamu undangan, Dosen Pembimbing Lapangan, anggota halakah Dirosa, Tim Penyelenggara Jenazah, mahasiswa KKN STIBA Makassar, dan masyarakat sekitar.

Muh. Akbar selaku Ketua Panitia dalam sambutannya mengatakan bahwa Tablig Akbar diusung sebagai momentum untuk bersilaturahmi antara mahasiswa KKN STIBA Makassar dengan seluruh masyarakat Kecamatan Tanralili di bulan Syawal serta menjadi wadah untuk menambah ilmu agama.

Selanjutnya, sambutan dari H. Abdul Muis, S.Pd., M.M. selaku perwakilan Kecamatan Tanralili sekaligus membuka acara secara resmi. Dalam sambutannya, ia berterima kasih kepada mahasiswa KKN STIBA Makassar karena telah mengadakan program kerja yang luar biasa seperti Tablig Akbar dengan harapan untuk menjaga kekeluargaan antara satu sama lain.

“Kita berharap agar kegiatan ini bisa menjadi ajang menjaga kekeluargaan antara satu sama lain. Kita harapkan agar silaturahmi dan komunikasi antara masyarakat Tanralili bisa dibudayakan,” ujarnya.

“Untuk mahasiswa KKN STIBA Makassar, jadilah orang yang berguna dan dibutuhkan masyarakat, punya etika yang bagus. Jadilah generasi yang andal untuk negara,” pesan Sekretaris Kecamatan Tanralili kepada mahasiswa KKN STIBA Makassar tersebut.

Ketua STIBA Makassar, Ustaz Akhmad Hanafi Dain Yunta, Lc., M.A., Ph.D. hadir sebagai pemateri dalam kegiatan ini, dengan membawakan materi seputar keluarga. Ustaz Akhmad dalam materinya menjelaskan perumpamaan keluarga dalam Islam seperti bangunan yang saling menguatkan.

“Untuk memantapkan hubungan kekeluargaan antara mahasiswa KKN STIBA Makassar dan masyarakat Kecamatan Tanralili maka perlu adanya keberlanjutan, serta kepedulian karena untuk berbaur dengan masyarakat kita harus peduli terlebih dahulu. Agar kita menjadi keluarga maka kita juga harus saling menasihati serta saling mendoakan dan menziarahi satu sama lain,” ujar mudir STIBA Makassar.

Selanjutnya, pemutaran video dokumenter Praktik Penyelenggaraan Jenazah, lalu dilanjutkan dengan launching dan pembacaan surat keputusan Tim Relawan Penyelenggara Jenazah se-Kecamatan Tanralili oleh Koordinator Kecamatan, Dimas Fajar Ramadhan, dan Sekretaris Koordinator Kecamatan, Muh. Akbar.

Ada 41 Tim Penyelenggara Jenazah yang terbentuk dan diresmikan oleh pihak Kecamatan Tanralili dalam acara tersebut. Tim inilah yang nantinya akan siap membantu masyarakat sekitar dalam mengurus Jenazah.

Kegiatan ini ditutup dengan foto bersama dan pemberian plakat dari pihak STIBA Makassar kepada pihak Kecamatan Tanralili. Tablig Akbar ini menjadi bukti nyata kontribusi positif mahasiswa KKN STIBA Makassar dalam membangun hubungan baik dengan masyarakat dan memberikan manfaat bagi lingkungan sekitar.

Reporter: Annisa Tiara Ramadhani

Dokumentasi: Salahuddin

Loading