(STIBA.ac.id) Maros – Mahasiswa KKN VII STIBA Makassar Kelurahan Borong sukses menggelar Ramah Tamah dengan tema “Tautkan Hati Satukan Perbedaan dan Teguhkan Jiwa dalam Bingkai Kebersamaan” pada Senin, 19 Syawal 1445 H (29/04/2024) di Aula Kantor Camat Tanralili dan dihadiri kurang lebih 50 peserta.

Ramah Tamah dibuka dengan lantunan merdu ayat suci Al-Qur’an oleh Muhammad Nur, membawa suasana penuh kedamaian dan ketenangan. Acara kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Koordinator Desa, Fakhruddin Al Mubarok, yang memaparkan program-program kerja yang telah terlaksana di Kelurahan Borong selama KKN.

Kemudian sambutan kedua oleh Ibu Lurah Borong, Sunarti, S.E., M.M. Dalam sambutannya beliau merasa bersedih dan mengucapkan terima kasih kepada Mahasiswa KKN STIBA Makassar.

“Dengan rendah hati saya mengucap banyak terima kasih kepada Mahasiswa KKN STIBA Makassar yang telah berdedikasi, bekerja keras, memberikan pengetahuan dan pembelajaran mulai dari anak kecil, remaja, hingga orang dewasa selama menjalani KKN. Telah membantu banyak perubahan positif di kelurahan Borong, melalui kerjasama yang baik dengan pendekatan kepada masyarakat yang baik sehingga berhasil mewujudkan program kerja yang baik mulai dari awal kedatangan, semua sangat bermanfaat,” ujar Ibu Lurah Kelurahan Borong.

Selanjutnya sambutan ketiga dari Dosen Pembimbing Lapangan, Ustaz Rustam Koly, Lc. M.A. Dalam sambutannya beliau berharap kepada masyarakat Tanralili untuk bisa meneruskan kebaikan yang telah disebar oleh mahasiswa KKN STIBA Makassar.

“Akan adanya silaturahmi yang berkesinambungan untuk Tanralili karena menjadi program STIBA. Semoga masyarakat bisa menumbuhkembangkan benih kebaikan yang sudah ditabur oleh Mahasiswa KKN STIBA Makassar, inilah harapan agar kebaikan, ilmu Al-Qur’an, dan nilai-nilai keislaman bisa menjamur dan mendominasi bagi bangsa-negara dan terkhusus Islam,” harapan Ustaz dalam sambutannya.

Kesan dan pesan dibawakan oleh Muhammad Ilham Tahir selaku mahasiswa STIBA Makassar, dan kesan dan pesan dari Imam Kelurahan Bapak H. Roa dan Ketua Karang Taruna, Hajratul Azwad, yang di mana mereka berdua sangat terbantu dan banyak berterima kasih dengan kehadiran KKN STIBA Makassar.

Sambutan juga dibawakan oleh Bapak Muh. Alwi selaku Bhabinkamtibmas. Dalam sambutannya beliau mengapresiasi atas terbentuknya tim Penyelenggara Jenazah sebagai program yang sangat cocok dan dibutuhkan masyarakat.

Sambutan terakhir dibawakan oleh Ketua STIBA Makassar Ustaz Akhmad Hanafi Dain Yunta, Lc., M.A., Ph.D. Beliau yang juga bertindak sebagai Dosen Pembimbing Lapangan di Kelurahan Borong, menyampaikan nasihat-nasihat berharga bagi para hadirin.

“Namanya pertemuan pasti ada perpisahan,” tutur Ustaz Akhmad Hanafi mengawali sambutannya. “Pertemuan dan perpisahan ini terjadi karena kebaikan. Kita dipertemukan di sini untuk saling berbagi ilmu dan pengalaman. Oleh karena itu, patutlah kita syukuri atas nikmat kebersamaan ini.”

Lebih lanjut, Ustaz Akhmad Hanafi berpesan kepada para mahasiswa KKN untuk menjadikan pengalaman berharga yang mereka dapatkan di Kelurahan Borong sebagai bekal di masa depan. Beliau juga mengingatkan agar mereka saling memaafkan dan berlapang dada atas segala kesalahan yang telah diperbuat selama KKN.

Agenda selanjutnya adalah pemutaran video dokumenter program kerja yang telah dilaksanakan oleh mahasiswa KKN STIBA Makassar, kemudian pembagian cenderamata, pembacaan doa oleh Muhammad Syamsuri dan terakhir foto bersama. Kegiatan ini ditutup dengan rasa haru antara tamu undangan dan mahasiswa STIBA Makassar.

Reporter: Annisa Tiara Ramadhani

Dokumentasi: Hisbullah S dan Muhammad Naufal Abdillah

Loading